Para Nelayan Desa Sungai Rasau Gelar Selamatan Laut

Perahu nelayan pada Selamatan Laut di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut,.
Perahu nelayan pada Selamatan Laut di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut,. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Tanah Laut – Nelayan di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Bumi Makmur, Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan menggelar acara Selamatan Laut pada Rabu (14/08/2024).

Acara Selamatan tersebut dilakukan oleh para nelayan dengan tujuan agar terselamatkan dari berbagai bentuk bahaya, ketika sedang mencari ikan di laut.

“Acara Selamatan Laut diikuti kurang lebih ratusan nelayan di Desa Sungai Rasau,” ujar Sekretaris Desa Sungai Rasau, Salman Ariadi, Rabu.

Salaman mengatakan nelayan Desa Sungai Rasau pertama kali mengadakan acara Selamatan Laut. Acara tersebut karena mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa dan lembaga adat setempat.

“Sebelumnya kita hanya mengadakan selamatan kampung saja. Karena adanya bantuan dari dana desa yang diusulkan warga melalui proposal, maka dapat melangsungkan kegiatan tersebut” ungkapnya

Dijelaskan Salman, para nelayan memanjakan doa untuk keselamatan dan terhindar dari bahaya ketika menangkap ikan di perairan laut.

“Nelayan juga meminta doa kepada Allah SWT agar mendapatkan rezeki bagi warga Desa Sungai Rasau,” ungkapnya

Lebih lanjut ia mengungkapkan masyarakat nelayan Desa Sungai Rasau menggunakan enam unit kapal besar. Yakni tiga buah kapal kecil dan satu kapal Polairud Polres Tanah Laut guna menyelenggarakan Selamatan Laut.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat Tanah Laut Abdul Kadir sangat mendukung kegiatan tersebut untuk menjalin silaturahmi sesama nelayan setempat juga memiliki nilai religius.

“Bahkan, kegiatan tersebut bisa dijadikan ajang untuk menarik wisata di Kalsel,” ungkap Salman.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *