Kondisi Wisata di Desa Pangeo Rusak Terbengkalai

Tampak fasilitas jembatan di Wisata Tanjung Amerika di Pulau Morotai, Maluku Utara terbengkalai. Sumber: Dok. Tribun
Tampak fasilitas jembatan di Wisata Tanjung Amerika di Pulau Morotai, Maluku Utara terbengkalai. Sumber: Dok. Tribun

Kolomdesa.com, Ternate – Tempat wisata di Tanjung Amerika, Desa Pangeo, Kecamatan Morotai Jaya, dan Pantai Rorasa, Desa Lifao saat ini terbengkalai tidak difungsikan. Akibatnya, objek wisata yang berada masuk wilayah Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai kini dalam kondisi rusak memprihatinkan.

Pulau Morotai yang dikenal dengan potensi wisata unggulan, kini hanya menyisakan cerita. Jembatan di Tanjung Amerika yang rusak parah bisa membahayakan pengunjung.

“Sangat disayangkan anggaran besar tidak dimanfaatkan dengan baik. Di Tanjung Amerika, keselamatan pengunjung bisa terancam,” kata Halik, seorang warga setempat, Rabu (14/8/2024).

Sementara beberapa ruko dan jalan tertutup rumput liar. Pantai Rorasa juga mengalami nasib serupa dengan bangunan yang terbengkalai dan tidak terurus.

Pembangunan tempat wisata ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari tahun 2021. Diketahui dengan anggaran yang dihabiskan sekitar Rp 30 miliar.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Pulau Morotai, Saban Lanoni, mengatakan bahwa anggaran perawatan baru akan diusulkan pada tahun 2025. Ia menyarankan konfirmasi lebih lanjut kepada bagian keuangan Dinas Pariwisata.

Menurut keterangan salah satu staf bagian keuangan yang tidak ingin disebutkan namanya, total rincian anggaran bervariasi yang mencakup beberapa item kegiatan. Namun, ia tidak dapat memberikan informasi lebih lanjut tanpa perintah dari Kepala Dinas.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *