Desa Kapita Raih Juara 1 Lomba Kampung Pancasila

Keterangan : Desa Kapita mendapatkan piagam penghargaan juara 1 lomba Kampung Pancasila yang diterima langsung oleh Kepala Desa Kapita, Ikbal Irwansyah. Sumber : publikasionline.id
Keterangan : Desa Kapita mendapatkan piagam penghargaan juara 1 lomba Kampung Pancasila yang diterima langsung oleh Kepala Desa Kapita, Ikbal Irwansyah. Sumber : publikasionline.id

Kolomdesa.com, Jeneponto – Desa Kapita, Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan meraih juara 1 lomba Kampung Pancasila. Kegiatan yang diadakan oleh Kodim 1425 Jeneponto itu berlangsung sejak Juli 2024 lalu.

“Ya desa kami mendapat penghargaan Kampung Pancasila mengalahkan desa-sea lainya di KabupateN Jeneponto,” ujar Kepala Desa Kapita, Ikbal Irwansyah, Hari (Tanggal bulan tahun)

Menurut Ikbal, keberhasilan desanya meraih predikat juara 1 Kampung Pancasila berkat kerjasama antar elemen di wilayahnya. Keterlibatan Danramil Bangkala, dan Polsek setempat sangat menentukan sehingga Desa Kapita menang.

“Kemenangan ini merupakan raihan bersama stakeholder yang terlibat seperti Danramil Bangkala, dan Polsek Bangkala,” terangnya.

Salah satu gebrakan Desa Kapita yang membuat menang lomba Kampung Pancasila yang diadakan oleh Kodim 1425 Jeneponto terkait dengan kemandirian desa. Salah satunya dengan berkembangnya UMKM yang jual makanan tradisional.

“Di Desa ada pasar, sehingga UMKM produk lokal di pasarkan di Desa kami, itulah keunggulan dari desa kami,” terang Ikbal.

Ikbal optimis, ke depannya desa yang ia pimpin akan terus mengembangkan potensi yang ada. Salah satunya dengan menyiapkan segala persiapan agar perlombaan desa dapat dimenangkan kembali.

“Lomba Kampung Pancasila ini telah membuat nama baik Desa Kapita dikenal oleh masyarakat luar, hal inilah yang akan kami ulang dengan mengikuti ajang lomba yang lainnya,” bebernya.

Sementara itu, menurut Dandim 1425 Jeneponto, Letkol Inf. Muhammad Amin menyebut kegiatan Kampung Pancasila ini dimenangkan oleh tiga desa. Juara pertama diraih oleh Desa Kapita, kedua Desa Bangkaloe, dan ketiga Desa Bulo-bulo.

“Juara Kampun pancasila ada tiga Desa dan Piagam sudah kamis serahkan ke masing-masing pemenangnya,” tutupnya.

Penulis : Fuji
Editor : Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *