BUM Desa Mitra Sejahtera Miliki Kios Pertanian hingga Otomotif

BUM Desa Mitra Sejahtera yang terletak di Desa Cibunut, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka sebagai BUM Desa yang dapat memberikan inspirasi terhadap BUM Desa lain untuk dioptimalkan secara baik
Kios BUM Desa Mitra Sejahtera. Sumber: Istmewa.
Kios BUM Desa Mitra Sejahtera. Sumber: Istmewa.

Kolomdesa.com, Majalengka – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) apabila dikelola dengan baik akan memapu untuk meningkatkan pendapatan asli desa yang dapat diperoleh dari hasil perputaran usaha yang telah dikelola.

Salah satunya adalah BUM Desa Mitra Sejahtera yang terletak di Desa Cibunut, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka sebagai BUM Desa yang dapat memberikan inspirasi terhadap BUM Desa lain untuk dioptimalkan secara baik.

BUM Desa Mitra Sejahtera mulai bergerak di bidang pertanian dengan Peraturan Desa Nomor 2 Tahun 2010 yang mulai beroperasi tahun 2015, dan pada Januari 2016 BUM Desa Mitra Sejahtera mendapatkan SK sehingga mulai melakukan manajemennya dengan baik. Diantaranya telah berdiri beberapa unit-unit usaha.

Penarikan Omset Tanah Gunung

Tanah Gunung merupakan aset desa berupa tanah atau lahan pertanian yang pada awalnya dikelola oleh aparat Desa Cibunut saja, tetapi saat ini pengelolaan tanah tanah gunung tersebut dibantu oleh BUMDes Mitra Sejahtera dalam penarikan omset atau uang sewa tanah gunung, untuk tujuan memajukan dan membangun masyarakat dengan mengajukan tender pengelolaan omset tanah gunung dengan cara yang jelas dan akuntabel sehingga manfaatnya dapat dirasakan lebih maksimal oleh yang berhak.

Tanah gunung tersebut untuk disewakan kepada masyarakat Desa Cibunut dan sebagian kepada masyarakat Desa Cibuluh. Terdiri dari 5 blok tanah gunung yaitu Blok D, Blok Kijamuju, Blok Balakatoa, Blok Tanjakan Akar, dan Blok Maloyang. Luas tanah gunung keseluruhan yaitu 50 ha dengan biaya sewa untuk tanah gunung yaitu mulai dari Rp.150.000,- s/d Rp. 350.000,- /tahun. Bidang usaha tanah gunung ini sudah dimulai sejak Mei 2015 hingga sekarang.

Kios Pertanian BUM Desa Mitra Sejahtera

Kios pertanian merupakan bidang usaha kedua yang dijalankan oleh BUM Desa Mitra Sejahtera, kios tersebut menjual pestisida, pupuk organik, dan pupuk anorganik. Lokasi kios pertanian ini untuk sementara berlokasi di pekarangan rumah salah satu pengurus BUM Desa Mitra Sejahtera.

Kios pertanian ini sudah dimulai sejak Januari 2016 saat BUM Desa diremajakan untuk yang kedua kalinya. Maksud tujuan membuka bidang usaha kios pertanian adalah untuk memfasilitasi masyarakat desa Cibunut yang mayoritas pekerjaannya adalah sebagai petani agar masyarakat tidak kesulitan dalam pemenuhan pestisida serta pupuk baik organik maupun anorganik.

Sebagian besar masyarakat Desa Cibunut membeli kebutuhan pestisida dan pupuknya ke kios pertanian BUMDes Mitra Sejahtera, bahkan tidak hanya masyarakat Desa Cibunut saja, kios pertanian BUM Desa Mitra Sejahtera juga memiliki pelanggan dan juga pembeli dari luar Desa Cibunut seperti Desa Tejamulya, Desa Argapura dan Desa Sagara.

Otomotif (Grasstrack)

Desa Cibunut adalah desa yang potensial dengan penyelenggraan event otomotif, karena memiliki sirkuit Grastrack yang refresentatif, yaitu sirkuit Grastrack Batarra Jaya yang dikelola Karang Taruna Batarra Jaya Desa Cibunut.

Bidang usaha otomotif (grasstrack) ini dilakukan dengan bekerja sama antara BUM Desa Mitra Sejahtera dengan Karang Taruna Desa Cibunut untuk memberikan bantuan berupa modal untuk setiap kegiatan Event Otomotif yang diselenggarakan.

Kegiatan event otomotif (grasstrack) yang dilakukan oleh karang taruna dan BUM Desa Mitra Sejahtera selalu disertai dengan MoU (Memorandum of Understanding) atau dokumen persetujuan dari dua belah pihak dengan itu terdapat ketentuan bahwa BUMDes Mitra Sejahtera akan mendapatkan 10% dari hasil usaha yang diperoleh dari kegiatan grasstrack tersebut.

Bidang usaha ini dimulai pada Desember 2016 saat BUM Desa Mitra Sejahtera mendapatkan bantuan modal yang kedua sebesar Rp.10.000.000. Kegiatan event otomotif yang telah diselenggarakan oleh Karang Taruna dan BUM Desa Mitra Sejahtera ini sebanyak dua kali yaitu pada pertama dilaksanakan pada bulan Februari 2017 dan yang kedua dilaksanakan pada bulan Juli 2017.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya