Warga Desa Pematang Gotong-royong Perbaiki Irigasi Lahan Pertanian

Petani di Desa Pematang, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan buka saluran air secara manual untuk optimalkan lahan pertanian.
Petani di Desa Pematang, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan buka saluran air secara manual untuk optimalkan lahan pertanian. Sumber: Banjarmasin

Gotong-royong Warga Desa Weri Lolo Turunkan Kasus StuntingKolomdesa.com, Balangan – Sejumlah petani di Desa Pematang, Kecamatan Awayan, Kabupaten Balangan melakukan giat gotong-royong untuk membersihkan saluran irigasi, sekaligus membuat saluran air manual.

Kerjabakti ini dilakukan untuk meningkatkan sirkulasi air dari aliran sungai menuju sejumlah petak sawah warga.

“Saluran air mulai dipenuhi sampah, sehingga perlu dibersihkan. Termasuk pembersihan tumbuhan liar,” Kata Warga Desa Pematang, Hasmi, Jumat (09/08/2024).

Hasmi mengungkapkan, lantaran sudah mulai adanya pendangkalan pada aliran air, petani pun mulai mengeruk dan kembali membuka jalur air agar tidak aliran air ke depannya.

Pekerjaan ini dilakukan secara manual, tanpa menggunakan mesin dan selesai dalam waktu singkat, karena dikerjakan bersama-sama.

Sementara itu, Kepala Desa Pematang, Bambang Siswanto mengatakan, aktivitas kerja bakti tersebut mempermudah para petani untuk kembali membuka aliran sungai yang berpotensi tertutup.

“Dengan cara membuat dan membersihkan saluran irigasi dari tumpukan rumput, dapat mencegah terhambatnya saluran air menuju sawah warga,” ujar Bambang.

Bambang juga menungkapkan hal ini sebagai upaya para petani untuk menyukseskan pertanian. Sehingga mampu mengoptimalkan sistem irigasi agar berfungsi secara maksimal.

“Adanya saluran irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian dan pemeliharaannya sangat penting. Sehingga sektor pertanian bisa menghasilkan panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani,” katanya.

Lebih lanjut, Bambang berharap saluran irigasi yang dibuat untuk sawah ini dapat berfungsi secara lancar. Sehingga ke depannya dapat meningkatkan hasil produksi di bidang pertanian, khususnya padi.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *