Puluhan Ibu-ibu dari 5 Kampung Dilatih Olah Ikan

Ikan siap diolah. Sumber: Istock
Ikan siap diolah. Sumber: Istock

Kolomdesa.com, Jayapura – Sebanyak 50 Ibu-ibu asli Port Numbay dilatih mengelola ikan yang berlangsung di Kampung Holtekamp. Para peserta pelatihan berasal dari Kampung Kayu Batu, Kayu Pulau, Holtekamp, Yoka dan Skouw Mabo.

Pelatihan tersebut diadakan oleh Dinas Perikanan Kota Jayapura, Provinsi Papua yang bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat kampung. Program ini menyasar ibu-ibu yang mana masing-masing kampung mengirimkan sebanyak 10 peserta.

“Di mana masing-masing kampung mengirim 10 orang untuk mengikuti pelatihan pengolahan ikan,” kata Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura Matheys Sibi di Jayapura, Rabu (7/8/2024).

Menurut Sibi, untuk tahap pertama kegiatan pelatihan diikuti oleh mama-mama asli Port Numbay. Rencananya, kegiatan ini dilakukan secara bertahap yang akan diikuti oleh mama-mama Papua dari 14 kampung.

“Kegiatan pelatihan ini memanfaatkan komoditas lokal yang ada di masing-masing kampung untuk diolah atau diversifikasi sehingga mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Sibi berharap melalui pemanfaatan komoditas lokal yang ada di kampung dapat menjadi produk olahan seperti abon, nugget ikan, bakso ikan, empek-empek ikan dan produk olahan lain. Sehingga menjadi sumber tamabahan perekonomian masyarakat.

“Tentunya ini akan menambah pendapatan ekonomi bagi keluarga mama-mama Port Numbay,” katanya.

Dia menambahkan, selain pelatihan pihaknya juga memberikan peralatan pengolahan ikan kepada mama-mama Port Numbay guna menunjang ketrampilan sehingga diharapkan ke depan perekonomian masyarakat kampung terus meningkat.

“Karena banyak potensi perikanan yang ada di masing-masing kampung belum digarap dengan baik sehingga dengan adanya bantuan ini dapat memberi rangsangan kepada masyarakat untuk terus memacu diri memanfaatkan potensi itu,” ujarnya.

Penulis: Wahyu

Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *