Tujuh Kampung Terima Bantuan Peralatan Mitigasi Bencana

Baju Pelampung Sumber: iStock
Baju Pelampung Sumber: iStock

Kolomdesa.com, Jayapura – Sebanyak 7 kampung di Kota Jayapura, Provinsi Papua menerima bantuan berupa peralatan mitigasi bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.  Tujuh kampung itu yakni Tobati, Kayu Pulo, Kayu Batu, Skouw Sae, Skouw Yambe, Skouw Mabo, dan Holtekamp

“Kami sudah menyerahkan bantuan ke Kampung Tobati dan hari ini kami menyerahkan bantuan tenda dan ‘life jacket’ di Kampung Holtekamp,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Jayapura Augustinus Ondi, Senin (5/8/2024).

Adapun bantuan yang diberikan pada kampung-kampung itu yakni satu unit tenda dan 25 baju pelampung. Diharapkan bantuan tersebut dapat membantu warga kampung dalam mitigasi bencana alam.

Selanjutnya, Onde mengatakan pihaknya akan menyerahkan bantuan tenda dan baju pelampung pada 6-7 Agustus 2024. Bantuan tersebut akan diserahkan ke warga Kampung Skouw Yambe dan Kampung Skouw Sae.

“Bantuan yang diberikan bertujuan supaya masyarakat khususnya di daerah pesisir dapat memitigasi bencana dan memperkuat kapasitas dalam melakukan upaya pencegahan terhadap bencana alam,” ujarnya.

Dia menjelaskan dalam penyerahan bantuan tersebut pihaknya juga juga akan memberikan sosialisasi dan pelatihan sekaligus simulasi terkait pemasangan tenda tersebut.

“Bantuan ini bersumber dari dana otonomi khusus (Otsus) Rp 500 juta untuk peralatan mitigasi bencana kepada masyarakat di tujuh kampung,” imbuhnya.

Pihaknya berharap ke depan semua kampung di Kota Jayapura akan mendapatkan bantuan sehingga masyarakat bisa sigap dalam menghadapi bencana alam baik longsor maupun tsunami.

Penulis: Wahyu

Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *