Site icon Kolom Desa

Laa River Park Desa Matano Buka Peluang Ekonomi Masyarakat

Pengunjung menikmati wisata air Laa Waa River Park di Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sumber: Istimewa

Pengunjung menikmati wisata air Laa Waa River Park di Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Luwu Timur – Laa Waa River Park menjadi salah satu destinasi wisata air yang indah di Desa Matano, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel). Tak hanya itu, wisata ini juga berhasil meningkatkan pendapatan asli daerah dan membuka peluang ekonomi bagi masyarakat setempat.

“Laa Waa River Park ini dibuka pada tahun 2022 yang merupakan kolaborasi antara Pemerintah Desa Matano dengan PT Vale. Begitu banyak kontribusi yang PT Vale berikan kepada kami seperti aula, speedboat dan banyak lagi,” kata Pengelola Laa Waa River Park, Amsal, Selasa (6/8/2024).

Laa Waa River Park dapat diakses dengan perahu atau rakit dari Matano Yacht Club dalam waktu sekitar satu jam. Destinasi ini terbilang unik dimana air sungai dan danau bertemu dengan perbedaan suhu yang mencolok.

Bagi pengunjung yang datang dapat merasakan sensasi air sungai yang dingin bersamaan dengan kehangatan air danau. Wisata ini juga menawarkan berbagai fasilitas seperti banana boat, area camping, dan gazebo, serta lainnya.

Adapun biaya masuk ke tempat wisata ini senilai Rp10 ribu per orang, dan gazebo yang tersedia dapat disewa dengan tarif Rp45 ribu, yang menjadi sumber pendapatan tambahan. Untuk kemudahan transaksi, semua fasilitas dapat dibayar menggunakan QRIS atau kartu debit.

Lebih lanjut, keindahan Laa Waa River Park juga mendapat pengakuan dari pemerintah Indonesia melalui penghargaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada akhir tahun 2022, setahun setelah pembukaannya.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Aziz

Exit mobile version