Viral Warga Desa Ilan Batu Ditandu ke Puskesmas Lantaran Jalan Rusak

Warga Dusun Kole, Desa Ilan Batu terpaksa ditandu ke Puskesmas karena jalan rusak. Sumber: Istimewa
Warga Dusun Kole, Desa Ilan Batu terpaksa ditandu ke Puskesmas karena jalan rusak. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Luwu – Dusun Kole, Desa Ilan Batu, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan belakangan viral karena warganya terpaksa ditandu saat menuju berobat. Hal itu dikarenakan oleh kondisi jalan yang rusak dan sulit dilalui kendaraan.

“Susah karena tidak ada mobil, kalaupun ada mobil juga susah karena alasan kondisi jalan tidak memungkinkan, sehingga warga bergotong royong menandu menggunakan bambu dan kain sarung karena sakit parah,” kata Kepala Dusun Kole, Yasin Tallama, Minggu (4/8/2024).

Pembangunan fasilitas di Dusun Kole hingga saat ini belum dirasakan meski Indonesia telah merdeka selama 78 tahun yang membuat warga harus menandu orang yang sakit untuk mendapatkan perawatan di Puskesmas atau rumah sakit. Tison (20), seorang warga Dusun Kole, harus ditandu menuju Puskesmas karena kondisi jalan yang berlubang dan sulit dilalui.

“Kondisi jalan saat ini tidak memungkinkan untuk dilalui kendaraan roda empat, sehingga warga terpaksa melewati jalan yang rusak, mendaki, dan menuruni perbukitan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa warga harus menandu Tison sejauh 7 kilometer menuju Puskesmas Kecamatan Walenrang Barat. Hal ini dikarenakan akses jalan yang tidak bisa dilalui kendaraa.

“Kami menandu Tison sejauh 7 kilometer ke Puskesmas Walenrang Barat,” ungkapnya.

Menurutnya, pemandangan seperti ini bukanlah hal baru bagi warganya. Dia menjelaskan bahwa setiap kali ada warga yang sakit dan membutuhkan pemeriksaan di puskesmas, warga setempat selalu harus bergotong royong untuk menandu mereka.

“Memang dari dulu sering terjadi, tetapi waktu jalan agak bagus mobil bisa datang, tapi sekarang susah alasannya yah kondisi jalan tidak memungkinkan,” tutupnya.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *