Enam Desa di Kapuas Hulu Usulkan Pembentukan Pokdarwis

Rumah Betang Urang Unsa yang merupakan Cagar budaya dan menjadi salah satu objek wisata budaya yang berada di Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu.
Rumah Betang Urang Unsa yang merupakan Cagar budaya dan menjadi salah satu objek wisata budaya yang berada di Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu. Sumber: HO-Disporapar Kapuas Hulu

Kolomdesa.com, Kapuas Hulu – Enam desa di Kapuas Hulu, baru saja mengusulkan pembentukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis), setelah satu bulan diluncurkannya sistem informasi layanan berbasis digital pada Juli (3/7/2024) kemarin.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kapuas Hulu, Kalbar, Abang Chairul Saleh mengatakan, hal itu penting bagi pengelola, sehingga dapat mengembangkan objek wisata di desanya masing-masing.

“Rata-rata objek wisata berada di pedesaan, jadi penting pokdarwis dibentuk agar bisa mengelola dan mengembangkan potensi wisata untuk meningkatkan ekonomi
dan pendapatan desa,” kata Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata, Abang Chairul Saleh, Selasa (6/8/2024).

Chairul mengatakan, untuk saat ini Kapuas Hulu hanya memiliki 13 pokdarwis dari 278 desa yang tersebar di 23 kecamatan. Sedangkan, enam desa di antaranya baru saja mengusulkan.

“Kami target empat pokdarwis setelah peluncuran layanan tersebut, ternyata ada enam yang mengusulkan, tentu itu respons positif dari pihak desa,” tambahnya.

Keenam pokdarwis tersebut yaitu Banua Sosoak, Desa Melapi, Kecamatan Putussibau Selatan, dengan potensi pariwisata budaya; Tambun Dua Soronan, Desa Urang Unsa, Kecamatan Putussibau Selatan; Telaga Kumang Pegari, Desa Sungai Abau, Kecamatan Batang Lupar; Alam Bukit Tilung, Desa Nanga Raun, Kecamatan Kalis; Pantai Musiman Karangan, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara; dan Kensuray Mansang, Desa Kensuray Kecamatan Kalis.

“Enam pokdarwis itu diajukan melalui pemerintahan desa, kami berharap desa lainnya juga segera membentuk pokdarwis,” ungkapnya

Ia berharap dengan adanya Pokdarwis potensi pariwisata di desa terus berkembang selain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga dapat menambah lapangan pekerjaan.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *