Jaga Ketahanan Pangan, Petani Kampung di Jayapura Tanam Jagung

Penjabat Bupati Jayapura saat mengikuti kegiatan pembukaan lahan baru di Kampung Kuipons, Distrik Nimboran, Kabupaten jayapura. Sumber: Dok. Jubi
Penjabat Bupati Jayapura saat mengikuti kegiatan pembukaan lahan baru di Kampung Kuipons, Distrik Nimboran, Kabupaten jayapura. Sumber: Dok. Jubi

Kolomdesa.com, Jayapura – Dalam meningkatkan ekonomi serta ketahanan pangan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui pemerintah kampung membuka lahan untuk ditanami jagung. Luas lahan yang akan ditanami jagung oleh kelompok tani di masing-masing kampung bervariasi.

“Kemarin kita di Kampung Kuipon, Distrik Nimboran lahannya yang baru dibuka seluas 1,8 hektare dari total 10 hektare yang disiapkan, lalu di Kampung Puay ada 6 hektare dan di sejumlah kampung lain dengan luasan lahan yang sangat besar,” kata Penjabat Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo, Jumat (2/8/2024).

Ia menyebut kampung dapat mengembangkan potensinya dengan dukungan dana desa dan Dana Otsus (Otonomi Khusus). Ia meminta agar masyarakat memanfaatkan lahan di pekarangan dan lahan tidur agar memberikan hasil pertanian yang cukup bagi peningkatan ketahanan pangan.

“Sebagai pemerintah kita wajib memberikan dukungan sehingga apa yang dibutuhkan petani berupa bibit, peralatan, dan kebutuhan lainnya tersedia,” ujarnya

Purnomo juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat di kampung yang melibatkannya saat melakukan penanaman jagung perdana. Ia menilai, hal itu adalah bukti semangat masyarakat dalam membangun sektor pertanian.

“Di beberapa tempat saya juga pernah melakukan penanaman perdana seperti yang dilakukan masyarakat di Kampung Kuipons dan Kampung Puay. Untuk itu saya berharap kepada semua pihak untuk lebih giat bekerja hingga benar-benar memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan warga,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *