Kolom Desa

BUM Desa Bumi Mulia Manfaatkan Sektor Pariwisata Jadi Unit Usaha

Balkoldes Karangrejo. Sumber: Instagram Balkoldeskarangrejo_borobudur

Kolomdesa, Magelang – Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Bumi Mulia, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang patut diapresiasi atas keberhasilannya dalam mengelola beberapa unit usaha yang telah didirikan dengan memanfaatkan sektor pariwisata.

Pariwisata memiliki sektor industri yang menjanjikan karena mampu meningkatkan pendapatan desa, menciptakan lapangan pekerjaan hingga memperkuat ekonomi kemasyarakatan. Beberapa contoh unit usaha yang didirikan oleh BUM Desa Bumi Mulia diantaranya seperti homestay, Pariwisata, UMKM dan lain sebagainya.

BUM Desa Bumi Mulia Manfaatkan Sektor Pariwisata Jadi Unit Usaha
Homestay BUM Desa Bumi Mulia. Sumber: Instagram Balkoldeskarangrejo_borobudur

Homestay Kelas Internasional

Desa Karangrejo saat ini telah berhasil mengembangkan lebih dari 22 homestay yang tersebar di seluruh desa. 20 homestay terletak di Balkondes Karangrejo dan beberapa homestay di antaranya tersebar di rumah-rumah warga. Penginapan Homestay Karangrejo ini menyuguhkan konsep modern yang tradisional.

Para wisatawan dapat menginap di antara para penduduk Desa Karangrejo namun tetap bisa mendapatkan fasilitas yang sangat layak dan modern. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut homestay tersebut sebagai salah satu yang terbaik dan berkelas dunia.

Selain itu, para wisatawan bisa melihat pemandangan bentangan alam yang indah dan khas pedesaan. Sehingga bisa membuat para tamu yang datang bisa merasakan suasana yang lebih nyaman. Terkait harga menginap disana berkisar antara Rp150.000 hingga Rp1,5 juta per malam.

Menyediakan Paket Wisata

Kepala Desa Karangrejo M. Heli Rofikun mengatakan BUM Desa Bumi Mulia turut menyediakan paket wisata alam, wisata sejarah, wisata rafting hingga wisata kebun buah.

“Kami punya beberapa obyek wisata. Salah satunya adalah Punthuk Setumbu, Gereja Ayam atau Bukit Rhema, Bukit Barede, Kebun Buah Karangrejo, dan Balkondes,” ujarnya.

Semua paket-paket wisata tersebut dapat diambil dari paket wisata Dolan Desa Karangrejo yang ditawarkan BUM Desa, Balkondes, dan Pokdarwis Karangrejo. Paket wisatanya pun bervariasi mulai dari harga Rp350.000 sampai Rp750.000 tergantung kepada banyaknya jumlah kunjungan.

Mobil Transportasi Pariwisata. Sumber: Instagram Balkoldeskarangrejo_borobudur

Tersedia Transportasi Wisata

Pemerintah desa setempat turut menyediakan pelbagai alat transportasi seperti menggunakan mobil klasik Volkswagen (VW), mobil jip, andong dan sepeda ontel. Wisatawan bisa memilih alat transportasi yang telah disediakan untuk menikmati indahnya Desa Karangrejo.

“Tur VW dari obyek wisata satu ke objek wisata lain. Melihat masyarakat membuat makanan, terus membuat gula jawa, dan UMKM lain. Termasuk juga miniatur Candi Borobudur,” ungkapnya.

Selain itu, penyewaan kendaraan yang digunakan menyesuaikan dengan wisata yang akan dikunjungi. Seperti halnya sepeda ontel yang digunakan untuk menikmati indahnya hamparan persawahan dan mobil jip yang digunakan untuk menyusuri sungai.

“Ada paket susur sungai purba. Itu pakai jip gitu lewat sungai-sungai, masuk ke sungai,” imbuhnya.

BUM Desa Bumi Mulia memberikan durasi waktu perjalanan mulai dari 4,5 jam hingga 1 hari penuh. Harga paket tersebut tentunya memiliki nominal yang berbeda dengan harga Rp250.000 sampai dengan harga Rp900.000 untuk paket One Day.

Membuka unit-unit UMKM

Setelah berhasil membuka Balai Ekonomi Desa (Balkondes) dengan membangun kemitraan antara PT Perusahaan Gas Negara (PGN) dengan BUM Desa Bumi Mulia. Beberapa unit usaha telah berhasil dibangun untuk meningkatkan pendapatan perekonomian masyarakat.

Masyarakat diberikan kesempatan untuk menampilkan produk-produk UMKM di Balkondes. Tempat tersebut telah menyediakan rak khusus UMKM, art shop, atau produk-produk yang dimiliki desa.

Editor: Aziz

Exit mobile version