Ekonomi Maritim Dapat Optimalkan Potensi Desa di MBD

Ilustrasi Sampan Nelayan. Sumber: Istock
Ilustrasi Sampan Nelayan. Sumber: Istock

Kolomdesa.com, Maluku Barat Daya – Pemanfaatan ekonomi biru (ekonomi maritim) dapat menjadi keunggulan tersendiri serta mengoptimalisasi potensi desa di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Provinsi Maluku. Berbagai alternatif pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan dapat dimulai dari budidaya ikan, terumbu karang, tiram dan kerang.

“Banyak hal yang bisa dibangun di Maluku Barat Daya, terutama di bidang kelautan. Bagaimana pemanfaatan blue economy yaitu mengoptimalisasi pertumbuhan ekonomi yang bersumber dari pemanfaatan dan memberdayakan laut,” kata Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), La Ode Ahmad Pidana Bolombo, Rabu (31/7/2024).

La Ode mengatakan, potensi yang ada di desa tersebut harus bisa dioptimalkan secara baik agar terwujud desa yang maju, mandiri, sejahtera dan bahagia. Ia menyebut peran yang paling utama adala seberapa besar kemampuan kepala desa dalam memanfaatkan potensi itu.

“Potensi desa yang ada di Maluku Barat Daya harus dioptimalkan secara baik oleh para kepala desa untuk kemajuan bagi desanya,” ujarnya.

Selain itu, La Ode mengungkapkan kantor Direktorat Jenderal (Ditjen)Bina Pemerintahan Desa merupakan rumah bagi para aparatur desa. Ia mempersilahkan siapapun yang ingin berkunjung pihaknya selalu terbuka menerima.

“Ditjen Bina Pemdes sangat terbuka bagi para kepala desa yang ingin berkunjung, kantor ini sebagai rumah bagi para aparatur desa,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *