Site icon Kolom Desa

Tingkatkan Kesejahteraan Warga, Pemdes Jatimlerek Bangun Gedung PKK

Kepala Desa Jatimlerek Jadi menunjukkan bangunan gedung PKK Desa Jatimlerek, Kecamatan Plandaan, Jombang. Sumber : Dwi Aris/Radar Jombang

Kepala Desa Jatimlerek Jadi menunjukkan bangunan gedung PKK Desa Jatimlerek, Kecamatan Plandaan, Jombang. Sumber : Dwi Aris/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa (Pemdes) Jatimlerek, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan warganya dengan pembangunan infrastruktur desa. Terbaru, Pemdes Jatimlerek telah merampungkan pembangunan gedung Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

”Gedungnya sangat bermanfaat, kemarin juga dipakai kegiatan sosialisasi parenting dalam mendidik anak usia dini,” kata kepala Desa Jatimlerek, Jadi, Senin (29/7/2024).

Jadi melanjutkan, bahwa keberadaan gedung PKK adalah sebagai bentuk dukungan pemdes dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga, terutama pengembangan dan pemberdayaan ibu rumah tangga.

Ia menyampaikan, lokasi gedung PKK sangat strategis lantaran berada di lingkungan kantor desa. Selain itu juga dilengkapi sejumlah fasilitas ruangan.

”Gedung PKK juga dapat digunakan untuk ruang pertemuan serta kegiatan lainnya,” imbuhnya.

Fasilitas gedung PKK yang memadai juga diharapkan mampu memaksimalkan peran dan kinerja Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa Jatimlerek dalam melaksanakan 10 tugas pokok PKK. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi telah dilakukan oleh beberapa kelompok kerja (Pokja) secara koordinatif.

”Salah satu tugas utamanya, yakni monitoring kegiatan yang berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan ibu rumah tangga sesuai dengan bidangnya,” bebernya.

Disinggung terkait kegiatan sosialisasi parenting kepada ibu rumah tangga, Jadi menyebut, salah satu tujuannya memberikan ilmu pola asuh yang baik kepada ibu rumah tangga untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Kegiatan ini diikuti oleh warga masyarakat Desa Jatimlerek.

”Terlaksananya kegiatan TP PKK Desa Jatimlerek merupakan bentuk sinergi positif dengan pemdes dalam mewujudkan program yang bermanfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Exit mobile version