BUM Desa Ijen Lestari Dirikan Unit Usaha Pariwisata

BUM Desa Ijen Lestari bersama masyarakat dan Pemerintah Desa Tamansari mengelola tempat wisata sebagai unit usaha untuk meningkatkan pendapatan PAD dan perekonomian warganya.
Unit usaha Wisata Sendang Seruni. Sumber: Instagram Sendang Seruni.
Unit usaha Wisata Sendang Seruni. Sumber: Instagram Sendang Seruni.

Kolomdesa.com, Banyuwangi – Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Ijen Lestari yang terletak di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi patut menjadi contoh dalam menumbuhkan perekonomian warga. Pasalnya, BUM Desa ini berhasil mendirikan berbagai unit usaha pariwisata.

Hal tersebut bisa dilihat dari edukasi ekonomi yang diberikan oleh BUM Desa Ijen Lestari dan Pemerintah Desa Tamansari bisa tersampaikan kepada masyarakat dengan baik sehingga masyarakat mampu memanfaatkan dan memaksimalkan potensi yang ada.

Sendang Seruni

Sendang Seruni menyajikan wisata alam yang yang berlimpah. Kesan yang dapat dinikmati dari sendang seruni adalah wisatanya Segar dan Jernih. Menurut cerita terdahulu Sendang Seruni dahulunya adalah sumber mata air yang disebut sumber Seruni karena dikelilingi oleh hutan dan tanaman bunga seruni.

Selain itu, sendang seruni juga terdapat tujuh sumber mata air jernih menyatu menjadi satu, sumber mata air ini mengalir dari salah satu pegunungan dan membentuk danau kecil yang digunakan mandi oleh masyarakat sekitar. Menurut kepercayaan masyarakat mandi di pemandian sendang seruni dipercaya bisa membuat awet muda.

BUM Desa Ijen Lestari Dirikan Unit Usaha Pariwisata
Taman Gandrung Terakota. Sumber: Instagram Gandrung Terakota.

Taman Gandrung Terakota

Gandrung merupakan simbol unik yang menggambarkan keindahan dan keanggunan. Irama dan bahasa tubuh yang menawan telah diabadikan melalui 1000 patung gandrung di setiap sudut Taman Terakota yang berada di Desa Tamansari.

Saat ini, Taman Gandrung Terakota mempunyai Amphiteater Terbuka untuk pertunjukan kesenian dengan kapasitas pengunjung hingga 750 pengunjung. Amphitheater ini sudah menampilkan kesenian secara reguler seperti Sendratari Meras Gandrung dan Jazz Gunung Ijen.

Secara berkala, kesenian tradisi Banyuwangi ditampilkan sebagai komitmen Taman Gandrung Terakota untuk melestarikan kebudayaan dan tradisi Banyuwangi. Penampilan kesenian tradisi secara reguler dilaksanakan pada setiap akhir pekan dan beberapa jadwalnya bisa dilihat dari media sosia Taman Gandrung Terakota.

Homestay

BUM Desa Ijen Lestari memiliki 14 Homestay yang telah lulus penilaian CHSE atau sertifikasi kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan sehingga mampu memberikan jaminan bagi pengunjung yang datang. Homestay ini juga masing-masing memiliki konsep interior yang berbeda dimulai dari tradisional hingga modern dengan range harga 100- 250 ribu/malam.

Dengan berbagai pilihan yang ada dimulai dengan fasilitas yang beragam seperti water heater, kamar mandi dalam, sarapan pagi, dll ataupun opsi pilihan kamar untuk individu hingga berkelompok juga tersedia sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pengunjung.

BUM Desa Ijen Lestari Dirikan Unit Usaha Pariwisata
Kawah Ijen. Sumber: Instagram Kawah Ijen Indonesia

Kawah Ijen

Kawah Ijen menawarkan keindahan danau berwarna hijau kebiruan, dengan cahaya matahari berwarna keemasan yang memantulkan sinarnya dari kawah tersebut bagaikan keajaiban alam semesta yang dapat dirasakan langsung dari alam Banyuwangi.

Tidak hanya itu, fenomena Blue Fire yang menakjubkan juga tentu tidak boleh terlewatkan. Fenomena Blue Fire dapat dinikmati dini hari hingga menjelang pagi, ditambah keberadaannya yang begitu langka dimana hanya terdapat 2 lokasi di dunia salah satunya di banyuwangi sehingga tidak heran jika menjadi obyek wisata Blue Fire begitu diburu para wisatawan dari berbagai wilayah dan mancanegara.

Sarine Kopi

Selain terkenal dengan ikon wisatanya, Banyuwangi juga terkenal dengan kopi, letaknya yang geografis di dataran tinggi, menjadikan Desa Tamansari sebagai salah satu produsen kopi di Banyuwangi.

Bila berkunjung ke Desa Wisata Tamansari Ijen jangan lupa mampir ke Sarine Kopi. Tempat tersebut menyediakan berbagai jenis kopi pilihan, hasil dari para petani yang ada di Tamansari

Pasar UMKM

Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Tamansari, BUM Desa Ijen Lestari memberikan  memberikan inovasi baru dan mencoba memberikan fasilitas guna menunjang kegiatan ekonomi masyarakat.dengan membuat pasar UMKM.

Pasar khusus UMKM tersebut menjual beraneka ragam makanan dan produk olahan khas Tamansari Banyuwangi yang diproduksi oleh masyarakat setempat. Selain itu, mereka yang tergabung dalam Pasar UMKM akan mendapatkan pendampingan agar mampu melayani dengan baik terhadap wisatawan.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya