Jalan Rusak Parah, Warga Desa Desak Pemkab Turun Tangan

Kerusakan jalan di lingkungan Sangket, Kelurahan Sukasada, Buleleng. Sumber foto : istimewa
Kerusakan jalan di lingkungan Sangket, Kelurahan Sukasada, Buleleng. Sumber foto : istimewa

Kolomdesa.com, Buleleng – Jalan di Desa Pekraman Sangket, Kelurahan Sukasada, Buleleng, Bali mengalami kerusakan parah sepanjang 700 meter.

Saat audiensi, Ketua Sabha Desa Pekraman Sangket, Made Teja mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera turun tangan, lantaran jalan tersebut menuju desa wisata hingga pertanian warga.

“Sangket itu bagian dari Kelurahan Sukasada. Faktor masalahnya karena kita tidak punya anggaran. Sedangkan jalan tersebut statusnya merupakan jalan Kabupaten,” ujarnya Rabu (24/7/2024).

Sebelumnya, sejumlah warga juga telah megusulkan berulang kali, namun ruas jalan yang berlokasi di RT 4 dan RT 5 itu tak kunjung mendapat perbaikan.

Dari hasil audiensi itu, diketahui jika pemerintah telah memiliki perencanaan perbaikan. Dan juga pihaknya berharap pemerintah bisa menganggarkan perbaikan pada APBD 2025.

“Perbaikan jalan diperkirakan butuh anggaran Rp1,75 miliar. Perbaikan jalan yang rusak berat sepanjang 700 meter. Namun perencanaan perbaikan sepanjang 1 kilometer,” jelasnya.

Selain audiensi dengan Dinas PUTR, pihaknya dalam waktu dekat juga akan melakukan audiensi dengan DPRD Buleleng. Yang mana DPRD diketahui memiliki fungsi anggaran.

“Itu memang kebutuhan masyarakat, tidak ada unsur kepentingan politik. Namanya ini merupakan kepentingan masyarakat, semoga saja legislatif dan eksekutif mau memprioritaskan kebutuhan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Ekaputra, mengatakan bahwa perbaikan jalan tersebut telah dikaji secara teknis dan diestimasi akan menelan anggaran sebesar Rp1,8 miliar.

“Kami akan membuat laporan ini kepada Pak Bupati untuk mendapatkan persetujuan. Mudah-mudahan beliau bisa membantu dan anggaran juga siap, sehingga proyek ini bisa terlaksana tahun depan,” ucap Adiptha.

Ia menyebut bahwa laporan hasil kajian tersebut akan disampaikan kepada Penjabat Bupati Buleleng untuk mendapatkan dukungan dan persetujuan agar bisa dianggarkan dalam APBD 2025.

Penulis : Fais
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *