Desa Sido Urip Produksi Pupuk Organik Pakai Dana Desa

Pupuk organik Wong Dheso hasil produksi Desa Sido Urip. Sumber: Istimewa
Pupuk organik Wong Dheso hasil produksi Desa Sido Urip. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Bengkulu Utara – Desa Sido Urip Kecamatan Kota Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara memproduksi pupuk organik dengan nama Wong Dheso menggunakan program dana desa. Pupuk organik tersebut memiliki berbagai jenis, mulai dari pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk hijau, pupuk hayati, dan masih banyak jenis pupuk organik lainnya.

Hartoyo pengelola kelompok tani mengatakan, pembuatan pupuk organik yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sido Urip dimulai pada tahun 2017. Kegiatan ini juga didukung oleh Kepala Desa Sukarnoto, melalui program dana desa.

“Kami mencoba membuat pupuk organik ini dari tahun 2017 lalu. Awalnya ada program dari dana Desa, kemudian kami belajar bagaimana mengolah kotoran ternak menjadi pupuk organik,” ujar Hartoyo, Kamis (25/7/2024).

Ia menjelaskan, pupuk organik Wong Dheso yang dikelola oleh kelompok tani ternak Desa Sido Urip ini telah didaftarkan di kementrian terkait. Zat-zat yang terkandung dalam pupuk organik tersebut juga sudah di uji di laboratorium Universitas Bengkulu, sehingga konsumen tidak ragu lagi dalam menggunakan pupuk organik Wong Dheso.

“Produk pupuk organik Wong Dheso ini sudah kami daftarkan di Kementrian terkait, jadi kami sudah mendapatkan Nomor Induk Berusaha. Kemudian, zat-zat yang terkandung didalamnya juga sudah diuji di laboratorium Unib, dan hasilnya memenuhi syarat,” tandasnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *