Inovasi Penggerak PKK Desa Lololakha Lewat UP2K

Produk UP2K LAOSI PKK Desa Lololakha. Sumber Foto: Dok.rri.co.id
Produk UP2K LAOSI PKK Desa Lololakha. Sumber Foto: Dok.rri.co.id

Kolomdesa.com, Gunungsitoli – Tim Penggerak PKK Desa Lololakha, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli memberikan inovasi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Inovasi tersebut melalui produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga UP2K yang menitikberatkan pada nuansa kearifan lokal.

“Ada kerajinan dari bahan kayu Simalambuo, batok kelapa, rotan, dan bambu. Ini semua adalah hasil karya dari warga masyarakat desa Lololakha baik dalam kelompok pelaksana (Poklak) yang digerakkan oleh ibu-ibu dalam kelompok Dasawisma Melati dan Matahari, maupun usaha pribadi,” kata Ketua Tim Penggerak PKK, Krisniat Harefa, Rabu (24/7/2024).

Ia menjelaskan, hasil kerajinan ini selain bisa dipakai sehari-hari oleh ibu-ibu rumah tangga, bisa juga jadi souvenir perayaan pesta, ulang tahun ataupun acara spesial lainnya. Bisa juga dipakai jadi dekorasi untuk menghadirkan nuansa kearifan lokal.

“Kami juga dari Tim Penggerak PKK PKK Desa Lololakha selalu memberikan support dan dorongan kepada pelaku usaha yang ada di desa untuk memasarkan produknya secara digital, karena produk-produk yang dihasilkan oleh kelompok yang tergabung di UP2K, secara pengolahan sudah cukup menarik dan meyakinkan para konsumen sehingga lebih memperluas jangkauan pemasaran guna meningkatkan jumlah pembelian,” tandasnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *