Pemdes Penanggungan Gelar Pelatihan Pemasaran Digital bagi UMKM

Pelaku UMKM di Desa Penanggungan saat mengikuti workshop pemasaran digital kreatif berbasis komunitas. Sumber : rizal/jprm
Pelaku UMKM di Desa Penanggungan saat mengikuti workshop pemasaran digital kreatif berbasis komunitas. Sumber : rizal/jprm

Kolomdesa.com, Mojokerto – Pemerintah Desa Penanggungan, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto berkolaborasi menggelar pelatihan dengan mahasiswa Universitas Yudharta, Pasuruan. Dalam hal ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan keterampilan dan strategi pemasaran berbasis digital.

”Para pelaku UMKM di Desa Penanggungan kami beri wawasan tentang strategi pemasaran digital kreatif berbasis komunitas,” tandas Sekdes Penanggungan Yunita Afrilia, Minggu (14/7/2024).

Dari hasil workshop tersebut, pemdes akan memfasilitasi pelaku UMKM dengan membuat digital market. Program tersebut dirintis untuk mempromosikan berbagai produk unggulan dalam satu wadah yang terintegrasi.

Mengingat banyaknya potensi hasil UMKM di Desa Penanggungan Yunita menambahkan, ”Kami sudah identifikasi semua pelaku UMKM mulai makanan ringan, kuliner, jasa, perdagangan, hingga UMKM pertanian atau agribisnis,” tandas dia.

Selain itu, Pemdes Penanggungan kini juga telah memiliki buku katalog yang menyajikan seluruh profil UMKM. Menariknya, logbook bertajuk “Eksplor UMKM Desa Penanggungan” ini juga dibuat dengan format digital, sehingga memungkinkan akses yang lebih mudah dan luas.

”Jadi, macam-macam UMKM se-Desa Penanggungan sudah kita jadikan satu buku dalam logbook,” pungkas dia.

Workshop yang diikuti 15 peserta perwakilan pelaku usaha ini diharapkan dapat membantu mereka dalam memasarkan produk melalui media sosial (medsos).

Dengan keterampilan pemasaran digital yang baru, para pelakuk UMKM Desa Penanggungan diharapkan mampu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar produk mereka.

Sebagai informasi, program pelatihan dan pembuatan digital market ini menunjukkan komitmen Pemdes Penanggungan dalam mendukung pengembangan UMKM lokal dan memanfaatkan teknologi digital untuk kesejahteraan ekonomi masyarkat desa.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *