Desa Wisata Temajuk Tingkatkan Kualitas Homestay

Kegiatan PKM Polnep Pontianak di Temajuk, Sambas.
Kegiatan PKM Polnep Pontianak di Temajuk, Sambas. Sumber: Antara,Kalbar

Kolomdesa.com, Sambas – Desa Wisata Temajuk, Kabupaten Sambas, Kalimanatan Barat berupaya meningkatkan kualitas usaha homestay atau rumah warga lokal yang disewakan untuk turis. Usaha tersebut dibantu oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Pontianak (PKM Polnep), agar dapat meningkatkan kualitas dan daya saing.

“Melalui kegiatan ini juga bagaimana bisa meningkatkan kualitas layanan administrasi dan efisiensi serta efektivitas dalam mengelola keuangan homestay mereka,” ujar Ketua Tim PKM, Polnep Melti Oktavianda, Selasa (16/07/2024).

Melati mengatakan ada 15 pelaku usaha homestay yang menjadi sasaran. Pihaknya mengedukasi mereka terkait pencatatan administrasi tamu, laporan keuangan, dan mengajarkan Bahasa Inggris dasar untuk tamu asing.

“Terkait pencatatan administrasi tamu, peserta diberikan penjelasan pentingnya pencatatan data tamu dan mengajarkan cara mengisi formulir pendaftaran tamu dengan benar dan lengkap,” tambahnya

Melati menjelaskan bahwa dalam laporan keuangan, peserta diberikan ilmu pentingnya membuat laporan keuangan untuk homestay dan mengajarkan cara mencatat pendapatan dan pengeluaran dengan benar. Selajutnya memisahkan aset, serta memberikan contoh format laporan keuangan yang sederhana dan mudah dipahami.

Kemudian untuk bahasa asing, peserta diajarkan frasa Bahasa Inggris dasar yang sering digunakan dalam berkomunikasi, seperti salam, ucapan selamat datang, menanyakan kebutuhan tamu, dan memberikan informasi tentang homestay. Selain itu peserta juga diberikan cara dan trik berkomunikasi dengan tamu asing dengan mudah dan percaya diri.

“Semoga tim PKM yang terdiri tujuh orang ini dan dibantu satu mahasiswa dapat memberikan dampak luas bagi kemajuan pariwisata di daerah, terutama dalam hal memajukan homestay di Temajuk ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Administrasi Bisnis Polnep Pontianak Meizi Fahrizal berharap dengan hadirnya PKM dapat memberikan dampak luas bagi masyarakat pelaku pariwisata di daerah. Kepala Desa Temajuk Agil Firmansyah mengapresiasi dan berterima kasih kepada TIM PKM Polnep karena telah membantu masyarakatnya dalam memajukan homestay.

“Pelaku usaha mendapatkan ilmu baru yang sangat di perlukan. Kami mengucapkan terima kasih karena ada beberapa barang bantuan yang dapat digunakan bagi operasional homestay, sehingga ke depannya perekonomian masyarakat di ujung negeri ini bisa perlahan meningkat,” kata Agil Firmansyah.

Penulis : Devi arp
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *