Dorong Pola Asuh Berkualitas, Pemdes Ngabar Gelar Sekolah Orang Tua

Pembukaan sekolah orang tua hebat di Desa Ngabar, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Sumber : Pemdes Ngabar for jprm
Pembukaan sekolah orang tua hebat di Desa Ngabar, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Sumber : Pemdes Ngabar for jprm

Kolomdesa.com, Mojokerto – Pemerintah Desa (Pemdes) Ngabar, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, menggelar program sekolah bagi kalangan ibu-ibu.

Hal ini untuk mendorong peningkatan kemampuan pola asuh anak agar lebih berkualitas, melalui program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH).

“SOTH merupakan sekolah pengasuhan yang digagas oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur”, kata Kepala Desa Ngabar Jumain, Jum’at (12/7/2024).

Sekretaris Desa Ngabar Hari Ismi Rokhmad menambahkan bahwa saat ini peserta SOTH berjumlah 30 orang tua yang terdiri dari ibu-ibu yang memiliki anak, terutama yang masih berusia balita. Pertemuan sekolah rutin diadakan dua kali dalam seminggu, di gedung Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes) Ngabar.

Dalam pertemuan tersebut, materi diberikan oleh petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) Kecamatan Jetis.

”Posisi PKK (tim penggerak pembinaan kesejahteraan keluarga) pada kegiatan ini adalah sebagai pendamping,” ujarnya, kemarin.

Materi pembelajaran yang disampaikan meliputi seputar pola asuh yang baik terhadap anak. Hari menjelaskan bahwa kemampuan para peserta semakin meningkat untuk mendukung tumbuh kembang anak-anak mereka.

”Harapan dari program ini anak-anak tumbuh kembangnya juga semakin baik,” imbuh dia.

Selain materi pembelajaran, pertemuan sekolah juga diisi dengan berbagai kehiatan pemeriksaan Kesehatan, praktik keterampilan, senam dan permainan.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, materi yang disampaikan dapat langsung diaplikasikan oleh peserta.

Dengan berbagai aktivitas ini, program SOTH diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengasuh anak dari para orang tua, sehingga tumbuh kembang anak di Desa Ngabar dapat berjalan dengan lebih baik.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *