Tingkatkan Kenyamanan Wisatawan, Pemdes Guyangan Perbaiki Jalan Rusak

Proses monev akses jalan menuju wisata. Sumber : iNewsProbolingo.id/doni
Proses monev akses jalan menuju wisata. Sumber : iNewsProbolingo.id/doni

Kolomdesa.com, Probolinggo – Pemerintah Desa Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, memperbaiki jalan yang rusak, demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung yang datang berwisata.

Pembangunan ini merupakan anggaran tahap pertama di 2024 yang difokuskan untuk pembanguan akses wisata. Selain itu, pemerintah desa juga telah membagun gazebo dan jembatan penghubung untuk meningkatkan kenyaman pengunjung.

“Pertimbangannya mempermudah akses pengunjung lebih aman baik, disamping itu kita bangun gazebo dan jembatan penghubung,” kata Kepala Desa Guyangan Hasyim, Jum’at (12/7/2024).

Kepala Desa Guyangan, Hasyim mengungkapkan, hal itu juga menjadi ikhtiar dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan Pendapat Asli Desa (PADes) dengan membangun akses jalan wisata sepanjang 400 meter.

Sebagai bagian dari upaya pengembangan wisata, Pemerintah Desa Guyangan juga mengadakan program pembibitan melalui anggaran ketahanan. Bibit-bibit ini akan disebar ke setiap dusun untuk dijadikan dusun wisata.

Artinya setiap dusun akan memiliki keunikan wisata buah tersendiri, seperti halnya di Dusun Lebah yang menjadi kampung duren dan Dusun Krajan nyesuaikan potensi.

“Harapannya kita guyangan itu jadi desa mandiri di wisata bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat,” ucapnya

Sementara itu, Camat Krucil Febry Ilham Hidayat saat melakukan monev di lokasi, pada Kamis (12/7/2024) mengatakan, jika upaya monev itu dilakukan untuk mengontrol dan mengecek sejauh mana pengelolaan anggaran yang sesuai aturan atau tidak.

“Disitu kita harus menjaga juga dan pengelola tepat sasaran, kewajiban pajak juga,” tuturnya.

Dengan pembangunan akses wisata dan pengembangan dusun wisata, Desa Guyangan diharapkan dapat menarik banyak wisatwan, meningkatkan perekonomian lokal, serta menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan potensi lokal untuk kesejahteraan masyarakat.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *