Ribuan Bibit Bakau Ditanam di Pesisir Desa Totobo

Proses penanaman ribuan bibit bakau di area pesisir Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sumber Foto: Humas PT Vale.
Proses penanaman ribuan bibit bakau di area pesisir Desa Totobo, Kecamatan Pomalaa, Kolaka, Sumber Foto: Humas PT Vale.

Kolomdesa.com, Kolaka – Ribuan bibit bakau ditanam di area pesisir Desa Tobot, Kecamatan Pomalaa, Kabupaten Kolaka. Hal tersebut dilakukan atas kolaborasi PT Vale Indonesia Tbk Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka serta masyarakat setempat.

Adapun kegiatan itu bertujuan demi menjaga kelestarian lingkungan serta dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni.

“Meski kami belum beroperasi, semua kegiatan telah kami siapkan bentuk pengelolaannya, termasuk upaya minimalisasi gangguan terhadap lingkungan. Kami senantiasa berkomitmen menjaga lingkungan pada tahap operasi maupun setelah operasi,” kata Head of Project IGP Pomalaa, Mohammad Rifai, Kamis (11/7/2024).

Ia menjelaskan penanaman bakau yang dilakukan di pesisir Desa Totobo ini merupakan program lingkungan yang pertama kali dilakukan di IGP Pomalaa sepanjang tahun 2024. Menurutnya, kesadaran menjaga dan melestarikan lingkungan sangat penting untuk kehidupan yang baik bagi generasi sekarang maupun yang akan datang.

Selain itu, dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, PT Vale IGP Pomalaa melakukan beberapa kegiatan, di antaranya mengedukasi siswa SMPN 1 Pomalaa membuat pupuk kompos melalui Program Vale Goes to School. Kemudian, mengadakan lomba aneka kreasi pemanfaatan barang-barang bekas agar menjadi barang yang bermanfaat.

“Kami juga akan ikut serta dalam kegiatan aksi bersih pantai bersama Pemda Kolaka dan masyarakat,” tutupnya.

Diketahui, pada penanaman bibit bakau tersebut hadir beberapa pejabat, baik karyawan maupun kontraktor PT Vale IGP Pomalaa, Pj Sekretaris Daerah Kolaka, Asisten dan Forkopimda Kolaka.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *