Lima Kampung di Yokari Dapat Layanan Imunisasi Polio

Ilustrasi Imunisasi Polio. Sumber: Istock
Ilustrasi Imunisasi Polio. Sumber: Istock

Kolomdesa.com, Jayapura – Puskesmas Yokari yang terletak di Kampung Meukisi, Distrik Yokari, Kabupaten Jayapura membantu pelayanan kesehatan warga yang berada di 5 kampung wilayah. Adapun lima kampung yang menjadi target puskesmas tersebut di antaranya Kampung Buseryo, Meukisi, Endokisi, Maruwai, dan Sunamay.

“Kami sudah kejar semua, pelayanan ke kampung-kampung, dari 5 kampung yang didatangi umur 0-7 tahun. Kecuali ada anak kampung yang ada berangkat keluar kota. Semua kami jalan,” kata Kepala Puskesmas Yokari Yomima Waisimon, dilansir dari Tribun Papua pada Jumat (12/7/2024).

Ia menjelaskan jika imunisasi polio tersebut dalam rangka Pekan Imunisasi Nasional (PIN). Sejauh ini pihaknya telah menjangaku kurang lebih 400 bayi dan balita yang ada di lima perkampungan tersebut.

Yomimam melanjutkan, imunisasi dilakukan di tiga posyandu, sekolah, bahkan di atas perahu. Selain itu, target imunisasi polio tidak hanya bayi dan balita tetapi juga anak-anak. Yomima mengungkapkan jika pihaknya dalam melaksanakan program imunisasi berjalan lancar.

“Balita, anak, sudah terjangkau sekitar 400 lebih anak. Bayi Dan balita saja, kalau digabung dengan anak sudah lebih,” katanya.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Edward Sihotang mengatakan imunisasi polio mencapai 81,3 persen untuk putaran pertama. Prosentase tersebut berdasarkan data pekan imunisasi per 25 Juni 2024 sebanyak 17.783 anak.

“Anak-anak terdiri dari 0 sampai 59 bulan sebanyak 10.850 anak, usia 5 sampai 7 tahun sebanyak 4.293. Sementara usia 7 tahun 2.640 anak. Di putaran kedua 6.363 atau 29,1 persen, anak terdiri dari 0 sampai 59 bulan ada 3.629 anak, usia 5 sampai 7 tahun 2.006, dan usia 7 tahun 728 anak,” tandasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *