Site icon Kolom Desa

Dana Otsus Fokus Layani OAP di Perkampungan

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Sumber: Dok. Dukcapil Kota Jayapura

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura. Sumber: Dok. Dukcapil Kota Jayapura

Kolomdesa.com, Jayapura – Dana Otonomi Khusus (Otsus) 2024 sebesar Rp500 juta difokuskan untuk melayani administrasi kependudukan bagi Orang Asli Papua (OAP) di perkampungan. Disdukcapil Kota Jayapura menargetkan pelayanan itu kepada 14 kampung di wilayah setempat yang akan dilakukan setiap hari Sabtu.

“Jadi kami melayani semua dokumen yang berkaitan dengan keperluan warga pada 14 kampung di Kota Jayapura, sehingga sasaran dari Dana Otsus ini dapat dirasakan oleh masyarakat,” kata Kepala Disdukcapil Kota Jayapura, Raymond Mandibondibo, Rabu (11/7/2024).

Menurut dia, hingga kini sudah ada delapan kampung yang telah dikunjungi Disdukcapil Kota Jayapura untuk melaksanakan pelayanan. Kemudian pihaknya akan melanjutkan pelayanan pada 6 kampung.

“Dalam periode Juli-Agustus 2024 pelayanan administrasi kependudukan di delapan kampung ini sudah selesai, kemudian dilanjutkan ke enam kampung lainnya,” ujar Raymond.

Dia menjelaskan pihaknya mengakui Dana Otsus yang diterima masih kurang. Meski begitu, dengan adanya anggaran tersebut sudah sangat membantu dalam memberikan pelayanan bagi OAP di kampung-kampung.

“Memang administrasi kependudukan bukan merupakan pelayanan dasar, tetapi dasar dari segala pelayanan,” tegas Raymond.

Dia menambahkan, masyarakat sangat antusias selama pelayanan yang dilakukan di perkampungan. Raymond juga berharap setiap kepala kampung dapat melakukan inovasi menggunakan dana desa dengan melakukan kegiatan yang berdampak positif pada masyarakat.

“Seperti nikah masal”, pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Aziz

Exit mobile version