Lomba Desa Tingkat Nasional, Bumi Daya Jadi Wakil Provinsi Lampung

Pembinaan Lomba Desa di Balai Desa Bumi Daya. Sumber Foto:Dok.lampungselatankab.go.id
Pembinaan Lomba Desa di Balai Desa Bumi Daya. Sumber Foto:Dok.lampungselatankab.go.id

Kolomdesa.com, Lampung Selatan – Desa Bumi Daya, Kecamatan Palas, Kabupaten Lampung Selatan menjadi wakil Provinsi Lampung dalam penilaian lomba desa tingkat regional tahun 2024. Sebelum menghadapi penilaian pada akhir Juli 2024 mendatang, pemkab setempat bersama tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung mulai melakukan pembinaan.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Lampung Selatan, Intji Indriati menyampaikan, pembinaan lomba desa tersebut akan dilakukan secara intens selama dua hari dalam seminggu, yaitu hari Selasa dan Kamis yang di Pusatkan di Balai Desa Bumi Daya.

“Pembinaan ini terus kita lakukan. Untuk menindaklanjuti bagaimana target dan progres yang dilakukan untuk lomba desa tingkat regional ini,” ujar Intji , Selasa (9/7/2024).

Ia mengatakan, Desa Bumi Daya memiliki berbagai macam inovasi yang sangat berbeda dari desa lainnya. Salah satunya yakni pelayanan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Purna.

“Banyak inovasi-inovasi yang berbeda. Seperti Desa Inklusi dan Smart Village. Inovasi ini memang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Bumi Daya,” kata Intji.

Sementara, Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, Zaidirina menyampaikan beberapa hal yang harus dilakukan dan dilengkapi dalam menghadapi penilaian lomba desa tingkat regional. Salah satunya yakni perlengkapan administrasi.

“Administrasi ini tidak kalah penting dalam penilaian nantinya. Jadi tolong agar dari pihak provinsi untuk membantu mengecek dan koordinasi juga dengan pihak kabupaten dan desa agar tidak ada yang ketinggalan mengenai administrasi dan yang lainnya juga,” imbuh Zaidirina.

Pihaknya berharap agar semua pihak dapat saling berkoordinasi dan bekerjasama sehingga penilaian lomba desa tingkat regional tahun 2024, Desa Bumi Daya dapat menjadi juara. Jika Desa Bumi Daya menjadi juara, nantinya akan menjadi desa kunjungan dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

“Tidak terbayang kan desa ini nantinya akan ramai. Kabupaten Lampung Selatan pun akan turut terkenal. Oleh karenanya kita berusaha semaksimal mungkin untuk lomba desa ini,” tandasnya.

Penulis: Wafi
Editor: Aziz

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *