Warga Sejahtera, Usai 4 Desa di Pulau Sumba Teraliri Listrik

ilustrasi PLN. Sumber: istockphoto
ilustrasi PLN. Sumber: istockphoto

Kolomdesa.com, Kupang – Ketersediaan listrik yang maksimal di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) memudahkan warganya mengolah hasil bumi yang diperoleh.

Selain itu, adanya listrik di desa membantu anak anak yang masih sekolah untuk belajar di malam hari menyiapkan materi ketika sekolah di pagi harinya. Hal itu membuat warga lebih efisien dan fleksibel dalam menjalankan kesehariannya.

“Sebelum ada listrik kami tidak bisa melanjutkan pekerjaan titik kemiri dan korek jagung pada malam hari, setelah listrik masuk di desa kami pekerjaan dapat dilanjutkan pada malam hari untuk memenuhi kebutuhan anak,” ungkap Elizabeth Nihi Bulu salah satu masyarakat Pulau Sumba, (9/7/2024).

Dalam hal ini, PT. PLN melalui Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) NTT berhasil mengaliri 4 lokasi di tanah marapi hingga tuntas.

Desa-desa yang berhasil dinyalakan diantaranya dusun IV, Desa Puu Mawo, Kecamatan Kota Waikabubak, Sumba Barat, Desa Mawo Dana, Kecamatan Wewewa Timur dan Desa Kadu Eta Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, serta Desa Laindeha, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur.

“Secara bertahap PLN memberikan akses listrik ke desa atau dusun yang belum terjangkau infrastruktur kelistrikan. Bukan hanya prestasi atas desa atau dusun terlistriki yang kami lihat, tetapi juga nilai kebermanfaatan terhadap masyarakat setempat yang dapat meningkatkan perekonomian dan pendidikan,” ujar Sindu.

Untuk Desa Laindeha kami komisioning test bertahap, masih terdapat 8 kms JTM, 1 unit Gardu dan 3 kms JTR yang masih dalam pembangunan. Dusun-dusun yang sudah terlistriki dapat segera melakukan proses pasang baru listrik agar masyarakat dapat menikmati listrik sampai di rumah.

Hingga Pelaksanaan commissioning test dilakukan bersama-sama dengan mitra pelaksana pembangunan jaringan Listrik desa, dan PLN UP2K Sumba serta PLN UP3 Sumba (ULP Sumba Timur, ULP Sumba Barat, dan ULP Sumba Barat Daya).

Pembangunan jaringan listrik yang telah terselesaikan sepanjang 20 kilometer sirkuit (kms) Jaringan Tegangan Menengah (JTM), 18 kms Jaringan Tegangan Rendah (JTR), dan 4 gardu distribusi.

PLN terus berkomitmen secara bertahap memberikan akses listrik ke desa atau dusun di Nusa Tenggara Timur. Sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) ke-7 yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk memastikan akses energi yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan bagi semua.

Penulis : Fais
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *