BUMDes Pay Mudahkan Warga Lakukan Transaksi Pembayaran

Pengurus BUMDes Berkah Sejahtera Desa Tambakrejo Kecamatan Jombang jemput bola melayani warga. Sumber : Anggi Fridianto/Radar Jombang
Pengurus BUMDes Berkah Sejahtera Desa Tambakrejo Kecamatan Jombang jemput bola melayani warga. Sumber : Anggi Fridianto/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang BUMDes-Pay membuat inovasi untuk memudahkan pelayanan warga dalam berbagai jenis pembayaran. Program ini menyediakan layanan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB), e-Samsat, BPJS, token listrik, Telkom, dan pulsa.

”Program ini merupakan solusi pembayaran online. Dengan cara, desa hadir lebih dekat memberikan pelayanan melalui BUMDes,” ujar Kepala Desa Tambakrejo Mohammad Nasir Fadlillah, Sabtu, (6/7/2024).

Menurut Mohammad Nasir Fadlillah, pihaknya berkomitmen dan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada warganya. Salah satunya, dengan program BUM Des Pay yang menghadirkan layanan jemput bola.

”Program ini merupakan upaya kita mendekatkan pelayanan untuk masyarakat. Sehingga harapan kami warga lebih terlayani dengan baik,” tambahnya.

Nasir juga menyampaikan bahwa program ini dikelola oleh BUMDes Berkah Sejahtera Tambakrejo dengan kepengurusan baru yang lebih segar. Diharapkan pengurus baru ini dapat mendongkrak pendapatan desa.

”Pengurus BUMDes sudah kita bentuk, dengan SDM yang lebih fresh dengan harapan mampu membawa perubahan lebih baik,” pungkasnya.

Terpisah, Direktur BUMDes Berkah Sejahtera Tambakrejo Arif Rohmatus Salam, 37, mengatakan, pada hari pertama membuka pelayanan BUMDes-Pay antusiasme masyarakat cukup tinggi.

Ini terbukti, dari pelayanan yang dibuka Jumat (5/7) mulai pukul 08.00 – 10.00 Jumat tercatat ada 35 warga yang mengakses layanan.

”Alhamdulillah masyarakat sangat antusias. Selain mengakses layanan pembayaran PBB, ada juga yang membayar BPJS hingga token listrik,” papar dia.

Dalam seminggu ini, ia mencatat ada 100 warga yang mengakses layanan tersebut. Ke depan, BUM Desa Berkah Sejahtera juga berencana akan bekerjasama dengan Bank Jatim untuk mempermudah transaksi layanan warga.

”Sehingga nantinya dapat mempermudah layanan untuk warga,” terangnya.

Jam operasional pelayanan BUM Desa Pay, dilakukan seminggu sekali setiap Jumat dengan cara jemput bola di salah satu rumah warga. Ke depan, direncanakan lebih intensif agar warga terlayani dengan banyak.

Dijelaskan, salah satu manfaat mengakses layanan BUMDes-Pay adalah harga layanan yang lebih terjangkau dibandingkan penyedia layanan pada umumnya.

”Selain itu, untuk warga yang membayar tagihan PBB P2 juga kita print out kan bukti transaksi pembayaran. Sehingga sebagai bukti misalkan digunakan warga di kemudian hari,” pungaksnya.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *