Desa Wisata Air Terjun Kalianyar Punya Sensasi Semi Luar Negeri

Seorang pengunjung berdiri memandangi Air Terjun Niagara Mini yang berada di Dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Sumber : Deni Ahmad Wijaya/BeritaJatim.com
Seorang pengunjung berdiri memandangi Air Terjun Niagara Mini yang berada di Dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Sumber : Deni Ahmad Wijaya/BeritaJatim.com

Kolomdesa.com, Bondowoso – Desa Kalianyar yang berada di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, kini memiliki wisata alam baru yang memukau. Desa wisata tersebut bernama Air Terjun Niagara Mini, yang di dalamnya menawarkan pesona alam yang memiliki sensasi luar negeri, menyerupai Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada.

“Dulunya itu sekedar sungai lama, lalu kemudian digarap oleh PTPN XII menjadi salah satu tempat wisata,” kata Kepala Desa Kalianyar, Muhammad Faozi, Minggu (30/6/2024).

Mohammad Faozi menjelaskan bahwa Air Terjun Niagara Mini ini terletak tepat di depan tempat pengeringan alami (sun drying) kopi milik PTPN XII di Dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.

Dengan tinggi sekitar 10 meter, air terjun ini memiliki bebatuan besar di atasnya yang membuat aliran air terlihat mirip dengan Air Terjun Niagara yang asli.

“Ada spot selfie. Setiap wisatawan yang mampir ke wilayah Blawan rata-rata menyempatkan berfoto di sini. Tapi tetap harus menjaga diri dan berhati-hati supaya tidak jatuh terpeleset,” pesannya.

Salah satu seorang pengunjung, Faqih dari Kabupaten Jember memberikan penilaiannya tentang Air Terjun Mini.

“Tempatnya cukup bagus. Tidak ada tiket masuk, jadi ke sini gratis,” katanya.

Namun, Faqih juga memberikan catatan ada beberapa fasilitas penunjang yang kurang terawat, sehingga pengunjung merasa kurang nyaman untuk berlama-lama di sana.

“Ada kolam pemandian air hangat yang airnya juga sudah kering. Tempat duduknya tidak semuanya bersih. Butuh perawatan lebih supaya semakin banyak pengunjung,” terangnya.

Dengan keunikan dan keindahannya, Air Terjun Niagara Mini di Bondowoso berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menarik. Diperlukan perhatian lebih dalam hal perawatan dan pengembangan fasilitas agar dapat memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para wisatawan.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *