Site icon Kolom Desa

Ekowisata Desa Santuun Tawarkan 9 Wisata Alam

Objek wisata Riam Batu Tinggi yang menjadi bagian dari ekowisata Santuun, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong.

Objek wisata Riam Batu Tinggi yang menjadi bagian dari ekowisata Santuun, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong. Sumber: Banjarmasinpost.com

Kolomdesa.com, Tabalong – Ekowisata Santuun di Desa Santuun, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menawarkan berbagai wisata alam di satu kawasan. Ada sembilan wisata yang bisa dinikmati sekaligus dengan pemandangan hutan dan pegunungan yang menghiasi kawasan desa.

“Adapun wisata yang tersedia di antaranya Riam Batu Tinggi, tebing paasahan, Goa Batu Kumpai, camping ground, air terjun, dan Puncak Macan,” kata Kepala Bidang Pariwisata Disporapar Kabupaten Tabalong, Katharina Dike Sovia, Sabtu (29/06/2024).

Sovia mengatakan di tempat ini juga bisa belajar tentang kopi, karena tersedia kebun kopi yang berada di kawasan ekowisata. Bahkan bisa melihat secara langsung pengolahan kopi disana.

“Letak ekowisata yang berdekatan dengan perbatasan Kalimantan Timur ini pernah ramai saat pertama dibuka. Namun karena pandemi Covid 19, pengunjungnya pun berkurang,” tambahnya.

Sovia menjeleskan baru-baru ini, Ekowisata Santuun mendapat perhatian dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tabalong. Rencananya akan ada penambahan sarana dan prasarana untuk kawasan tersebut.

“Pada 2024 ini rencananya akan ada bantuan fasilitas untuk Ekowisata Santuun, berlanjut bantuan sarana dan prasarana,” katanya.

Sebagai informasi, saat ini Ekowisata Santuun memang belum memiliki fasilitas yang memadai. Termasuk minimnya sarana pendukung untuk kawasan tersebut.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Exit mobile version