Site icon Kolom Desa

Gerakan Intervensi Serentak, Cegah Stunting di Desa Muara Cuban

Foto Bersama Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Sumber Foto: Dok.kabarsarolangon.com

Foto Bersama Gerakan Intervensi Serentak Pencegahan Stunting Sumber Foto: Dok.kabarsarolangon.com

Kolomdesa.com, Sarolangon-Gerakan Intervensi serentak dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun, di Desa Muara Cuban, Kecamatan Batang Asai. Hal ini dilakukan dalam upaya mencegah angka stunting, yang di antaranya menyasar calon pengantin, ibu hamil, dan anak balita.

”Saya bersama sekda dan kadis terkait mengunjungi Batang Asai, ada dua kegiatan tadi kita melakukan kegiatan intervensi serentak percepatan penurunan Stunting di desa muara Cuban, juga melakukan penilaian kader dan posyandu terbaik tingkat kabupaten Sarolangun, dan akan nantinya bagi yang berprestasi menjadi wakil Sarolangun pada lomba di tingkat provinsi Jambi,” kata penjabat bupati Sarolangun, Bachril Bakri Rabu (26/06/2024).

Ia menjelaskan, untuk bagi ibu hamil, akan dilakukan upaya penimbangan berat badan, memberikan makanan tambahan bergizi bagi ibu hamil, melakukan pengukuran lingkar lengan serta memberikan intervensi berupa pemberian makanan tambahan berupa sayur-sayuran berupa bayam, katu, tempe, pisang serta telur puyuh.

Menariknya, dalam Gerakan Intervensi serentak pencegahan stunting tersebut Pemerintah Kabupaten Sarolangun bersama para kader posyandu setempat membuat dua inovasi baru dalam pemberian makanan tambahan bagi bayi dan balita stunting.

” Tadi kita bersama kader posyandu memberikan makanan tambahan berupa puding Bunali dari Daun labu dan pucuk mali-mali serta siomai selam dari ikan seluang dan ikan lambak, untuk anak penderita anak stunting, dan inovasi itu yang akan kita sampaikan ke tingkat provinsi dan nasional, Sarolangun adalah salah satu sangat baik untuk balita dan bayi dalam rangka mencegah stunting,” tandasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut turut hadir Plh Sekda Sarolangun, Dedy Hendry, Kadisnakan Sarolangun Dulmuin, Kadis Kesehatan diwakili Kabid Kesmas Rosalinda, Kepala Puskesmas Batang Asai Darimi, jajaran pengurus PKK Sarolangun, Kades Muara Cuban Julia Rangga Saputra dan masyarakat setempat.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Exit mobile version