Site icon Kolom Desa

Tingkatkan Kapasitas Aparatur Desa, Pemkab Gelar Bimtek

Bimtek Peningkatan kapasitas Aparatur Desa Sumber Foto: istimewa

Bimtek Peningkatan kapasitas Aparatur Desa Sumber Foto: istimewa

Kolomdesa.com, LAMSEL-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa dalam pengelolaan pemerintahan dan keuangan desa, dan pelayanan publik.

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Anton Carmana menekankan pentingnya peran aparatur desa dalam pembangunan desa. Menurutnya, aparatur desa adalah garda terdepan dalam pelayanan publik dan pembangunan desa.

“Bimtek ini sangat penting untuk saudara mengikutinya. Agar saudara paham dan mengerti tugas dan fungsi aparatur desa,” kata Anton Rabu (26/6/2024).

Ia berharap, Bimtek tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan aparatur desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Sehingga, aparatur desa dapat lebih profesional dan akuntabel dalam menjalankan pemerintahan desa.

“Saya berpesan agar peserta benar-benar memahami apa yang diperoleh dalam Bimtek ini. Sehingga nanti dapat dioptimalkan dalam pengelolaan dan pembangunan desa yang saudara pimpin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Lampung Selatan, Dicki Yuricki, melaporkan, kegiatan Bimtek tersebut diikuti oleh 42 sekretaris desa dari 13 kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan.

“42 Sekretaris Desa ini merupakan perangkat desa yang kemarin kepala desa-nya baru saja melakukan pemilihan kepala desa serentak di tahun 2023. Ini menjadi fokus karena kemaren setelah Pilkades terjadi banyak perombakan,” tandasnya.

Ia mengatakan, Bimtek tersebut akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 26 hingga 28 Juni 2024 yang dipusatkan di Negeri Baru Resort Kalianda.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Exit mobile version