Seluruh Potensi Desa Bakal Sukseskan Festival Kampung Nelayan

Ikan Asar, Sajian Khas Papua yang Menggugah Selera. Sumber: Istimewa
Ikan Asar, Sajian Khas Papua yang Menggugah Selera. Sumber: Istimewa

Kolomdesa.com, Jayapura – Dinas Pariwisata Kota Jayapura berharap semua potensi di Kampung Nelayan dapat ditampilkan. Potensi itu meliputi kerajinan perahu, speed boat, jaring ikan, dan beragam potensi kampung yang lain.

“Sehingga masyarakat yang ingin datang ke festival itu dapat melihat dan menikmati suasana di Kampung Nelayan,” kata Ketua Panitia Festival Kampung Nelayan, Richard Nahumury, Jumat (21/6/2024).

Disebutkan bahwa festival tahunan di Kota Jayapura bakal digelar pada 5-7 Juli 2024 mendatang. Richard yang juga Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Jayapura itu ingin dalam kegiatan iru adanya kolaborasi UMKM dan Pemkot Jayapura.

“Kami sudah mengarahkan masyarakat di Kampung Nelayan yang terlibat langsung dalam kegiatan festival itu nanti. Dengan demikian, dapat betul-betul menampilkan komoditas atau produk-produk berbahan ikan asar sesuai dengan tagline Jayapura Makan Ikan Asar,” ujarnya.

Richard menjelaskan, olahan ikan asar dapat ditampilkan juga oleh para pelaku usaha. Sehingga ketika orang datang di kampung nelayan betul-betul sesuai temanya adalah ikan asar atau kulinernya itu ikan asar.

“Misalnya selain ikan asar, itu turunannya ada mie goreng ikan asar, nasi goreng ikan asar, menu cipta dari ikan asar, itu kami harapkan semua ditampilkan,” harapnya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan dilakukan rapat yang kedua untuk menginventarisir kuliner apa saja yang nanti akan tampilkan. Termasuk mendorong semua kebiasaan-kebiasaan masyarakat yang ada di situ supaya ikut ditampilkan.

Misalnya lomba perahu hias, lomba renang, ada lomba cipta menu berbahan dasar ikan, ada lomba dayung tradisional, lomba mewarnai dan menggambar, aktivitas sepanjang kampung nelayan, termasuk juga ada hiburan-hiburannya.

“Dalam rangka mempersiapkan event itu kami bersama masyarakat di kampung nelayan sudah mengagendakan untuk melakukan kegiatan grebek sampah, sehingga pada saat kegiatan itu dilaksanakan, kondisi lingkungan di kampung nelayan bersih dan indah,” tandasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *