Site icon Kolom Desa

Pemkot Jayapura Perkuat Kapasitas SDM Pemerintahan Kampung

Gedung Sayap Kanan Kantor Walikota Jayapura. Sumber: Dok. Paraparatv

Gedung Sayap Kanan Kantor Walikota Jayapura. Sumber: Dok. Paraparatv

Kolomdesa.com, Jayapura – Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua, memperkuat kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur pemerintahan kampung. Hal tersebut merupakan upaya mencapai pelaksanaan tugas dan fungsi kelembagaan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tetapi juga guna terwujudnya perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura Evert Merauje di Jayapura, Sabtu (22/6/2024).

Ia menjelaskan, peran lembaga masyarakat kampung sangat penting untuk menjalankan program pembangunan. Oleh sebab itu, Pemkot Jayapura terus berkomitmen dalam mendukung upaya kelembagaan di tingkat kampung yang komprehensif.

Lebih lanjut, Merauje mengatakan jika keberhasilan pembangunan sangat bergantung pada sinergi antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat. Ia juga menegaskan jika pihaknya berharap setiap lembaga masyarakat di kampung terus memperkuat kapasitas SDM.

Semenatara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kota Jayapura Makzi Atanay mengatakan, pihaknya telah melaksanakan bimbingan teknis peningkatan kapasitas kelembagaan pada Rabu (19/6/2024). Pada acara tersebut ia menyebut diikuti oleh 14 kampung di daerah setempat.

“Pelaksanaan bimbingan teknis juga untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pemahaman, secara teknis tentang pentingnya tugas pokok dan fungsi masing-masing lembaga kemasyarakatan yang ada di kampung,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version