Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional Berbasis Platform LMS

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional (TPP) berbasis platform Learning Management System (LMS). Sumber: Istimewa.
Pelatihan Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendamping Profesional (TPP) berbasis platform Learning Management System (LMS). Sumber: Istimewa.

Kolomdesa.com, Jakarta – Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kemendes PDTT menggelar pelatihan peningkatan kapasitas Tenaga Pendamping Profesional (TPP) berbasis platform Learning Management System (LMS). Kegiatan yang berlangsung sejak 19 hingga 22 Juni 2024 itu bertempat di Redtop Hotel, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut dibagi menjadi batch 1 dan batch 2 sebagaimana yang menjadi lokus dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Adapun pada batch 1, peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Indonesia bagian barat, mulai dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Jawa Tengah. Sementara pada batch 2 akan diselenggarakan pada pekan depan untuk peserta di wilayah Indonesia tengah dan barat.

Sebelumnya peserta telah melakukan pembelajaran mandiri melalui platform LMS dengan metode asynchronous. Kemudian untuk saat ini dilakukan secara synchronous melalui virtual Zoom Meeting.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Prof Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd dan juga dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Nursaid, S.sos serta sejumlah pejabat dan tamu undangan lainnya.

Sebagai informasi, platform LMS ini digunakan sebagai aplikasi untuk melatih TPP dan dirancang untuk mendukung digitalisasi pembelajaran, pengembagan kapasitas, pengelolaan konten atau modul digital sekaligus untuk menyampaikan program pembelajaran yang efisien dalam rangka menigkatkan kompetensi inti dari pengguna.

Penulis: Ilham W
Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *