Pemberdayaan Masyarakat Upaya Tingkatkan IDM Desa

Sosialisasi Tingkatkan IDM di Kantor Desa Penyak Sumber Foto: Dok.perkaranews.com
Sosialisasi Tingkatkan IDM di Kantor Desa Penyak Sumber Foto: Dok.perkaranews.com

Kolomdesa.com, Bangka Tengah-Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, menggelar Sosialisasi Kelurahan/Desa Asuh. Sosialisasi ini dilakukan dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2024, bertempat di Kantor Desa Penyak, Kecamatan Koba.

Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Keuangan Pemkab Bangka Tengah, Tamimi mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah upaya untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah di Bangka Tengah.

“Rata-rata lama sekolah di Bangka Tengah saat ini baru mencapai 7,22 (tahun) yang artinya pendidikan penduduk di Bangka Tengah secara keseluruhan baru duduk di kelas satu SMP,” ungkap Tamimi, Rabu (19/6/2024).

Ia menjelaskan, tahun 2024 ini sudah terbentuk 15 Desa Asuh yang salah satunya adalah Desa Penyak. Desa tersebut banyak potensi Sumber Daya Alam (SDA)-nya yang dapat digunakan untuk meningkatkan pendapatan.

Pengolahan dan pengembangan SDA harus diimbangi dengan SDM yang baik agar dapat terus mampu untuk bersaing,

Dalam kegiatan tersebut hadir pula ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry, untuk memberikan semangat kepada masyarakat yang mengalami putus sekolah.

“Sudah menjadi tugas kita bersama untuk terus meningkatkan IPM di wilayah Bangka Tengah ini, dengan adanya program ini semua orang dapat melanjutkan pendidikannya melalui sekolah Paket A, Paket B, atau Paket C. Sudah disediakan juga SMP terbuka sehingga khusus anak-anak usia SMP tetap dapat bersekolah dan mendapatkan ijazah dari SMP induknya,” ujar Eva.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *