UMKM Bersiap Sambut Festival Kampung Nelayan Hamadi

Nampak sampah masih mengotori calon lokasi berlangsungnya Fesetival Nelayan Kampung Hamadi. Sumber: Dok. Cenderawasih Pos
Nampak sampah masih mengotori calon lokasi berlangsungnya Fesetival Nelayan Kampung Hamadi. Sumber: Dok. Cenderawasih Pos

Kolomdesa.com, Jayapura Festival Kampung Nelayan Hamadi tidak lama lagi akan digelar. Sejauh ini pemerintah Kota Jayapura meminta masyarakat setempat khususnya warga Kampung Hamadi, Distrik Jayapura Selatan agar menyiapkan diri.

Festival Kampung Nelayan Hamadi akan dilaksanakan pada 5-7 Juli 2024 dengan tema “Jayapura Makan Ikan Asar (Jamaika)”. Dalam acara tersebut, nantinya, rumah warga akan dijadikan sebagai stan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Sehingga stan-stan UMKM itu akan diisi oleh warga sendiri, sehingga dapat membantu pendapatan mereka sendiri,” kata Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Jayapura Richard Nahumury, di Jayapura, Minggu (15/6/2024).

Atas rencana tersebut, Richard berharap masyarakat Kampung Hamadi terlibat aktif dalam pelaksanaan Festival Kampung Nelayan yang akan berlangsung. Pihaknya, juga telah melakukan rapat bersama masyarakat untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekurangan.

“Karena tujuan kami melaksanakan ajang ini untuk bagaimana ke depan pengunjung dari luar Kota Jayapura bisa berkunjung ke daerah itu,” ujarnya.

Richard menjelaskan, pesoalan sampah yang berserakan hingga saat ini menjadi masalah dalam rencana agenda tersebut. Namun pihaknya bersama warga setempat akan melakukan tindak lanjut demi kelancaran acara yang digelar di pesisir pantai Hamadi itu.

“Karena masih banyak sampah di laut, sehingga kami juga akan melakukan aksi gerebek sampah di lokasi festival pada 21 Juni 2024,” katanya lagi.

Kadis Richard menambahkan, untuk kenyamanan saat acara, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura. Tujuanya agar ada tempat sampah di sepanjang jembatan yang menjadi lokasi kegiatan.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *