Sebesar 600 Hektar Lahan di Desa Jejangkit Pasar Berpotensi Jadi Lahan Pertanian

Lahan pertanian di Desa Jejangkit Pasar, Kecamatan Jejangkit.
Lahan pertanian di Desa Jejangkit Pasar, Kecamatan Jejangkit. Sumber : Banjarmasinpost.co.id

Kolomdesa.com, Barito Kuala – Lahan di Desa Jejangkit Pasar, Kecamatan Jejangkit, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan berpotensi digarap sebagai lahan pertanian padi atau pangan. Potensial luas lahan sebesar 600 hektar.

“Dalam dua tahun terakhir ini, petani mayoritas menanam benih unggul varietas IR Madu,” Kata Kepala Desa Jejangkit Pasar, Muhammad Taufik, Kamis (20/06/2024).

Taufik mengatakan bahwa benih padi unggul dapat menyesuaikan kondisi lahan so wilayah Jejangkit. Karena mayoritas penduduk Desa Jejangkit Pasar adalah 90 persen bertani.

“Ini sudah sekitar satu bulan masa tanam. Diperkirakan Agustus akan panen,” tambahnya.

Taufik menjelaskan bahwa satu kepala keluarga ada yang memiliki lahan pertanian seluas 10 hektar. Selain itu, petani di Desa Jejangkit Pasar juga berkebun, berternak dan usaha perikanan.

“Usaha perikanan itu dengan memanfaatkan sumur resapan di persawahan yang jumlah tak terhitung karena setiap petak sawah itu memiliki sejumlah sumur resapan,” ungkapnya.

Sementara itu, jika datang musim kemarau, sumur resapan itu menampung ikan, seperti ikan sepat, ikan betok atau Papuyu dan ikan gabus atau haruan.

“Boleh saja dipancing, asalkan memiliki izin dari pemilik sumur,” tutup Taufik.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *