Pemdes Sindetlami Bangun Irigasi Demi Tingkatkan Hasil Pertanian

Kepala Desa Sindetlami Saiful Bahri dan sejumlah perangkat desa saat meninjau kondisi saluran irigasi di Dusun Taman yang rampung dibangun. Sumber : radarbromo.jawapos.com
Kepala Desa Sindetlami Saiful Bahri dan sejumlah perangkat desa saat meninjau kondisi saluran irigasi di Dusun Taman yang rampung dibangun. Sumber : radarbromo.jawapos.com

Kolomdesa.com, Probolinggo – Pemerintah Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo yang dikenal memiliki potensi besar dalam sektor pertanian, kini semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertaniannya. Hal itu didukung dengan dibangunnya infrastruktur irigasi sepanjang 263 meter di Dusun Krajan.

“Dulu, sebelum dibangun, air sering meluap ke lahan warga, sehingga hasil pertaniannya banyak yang rusak,” ujar Kepala Desa Sindetlami Saiful Bahri melalui Kaur Perencanaan, Muhammad, Rabu (19/6/2024).

Desa Sindetlami memiliki potensi pertanian, tanaman padi, tembakau dan sejumlah tanaman pertanian tumbuh subur di desa ini. Selain masalah luapan air, kebocoran pada saluran irigasi sebelumnya juga mengakibatkan air tidak sampai ke ujung saluran, sehingga banyak lahan pertanian yang kekurangan pasokan air.

“Alhamdulillah sekarang setelah dibangun, air semakin lancar,” tambah Muhammad.

Ia juga berharap, dengan selesainya pembangunan irigasi ini, aliran air lebih lancer dan terkontrol. Hasil pertanian milik warga semakin berkualitas. Warga Desa Sindetlami yang menggantungkan perekonomiannya ke sektor pertanian pun akan makin sejahtera.

“Semua pembangunan ini demi kepentingan warga, terutama irigasi. Alhamdulillah tahun ini bisa terealisasi,” ujarnya.

Muhammad menekankan pembangunan irigasi ini adalah bagian dari komitmen pemerintah desa untuk terus mendukung dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pertanian yang lebih baik.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *