BUM Desa Kridha Manunggal Jaya Berhasil Kembangkan Agrowisata Anggur

BUM Desa Kridha Manunggal Jaya sukses kembangkan unit usahanya menjadi agrowisata anggur. Hingga saat ini omsetnya mencapai puluhan juta perbulannya.
Taman anggur ini merupakan salah satu unit usaha BUM Desa Kridha Manunggal Jaya. Sumber foto: website resmi desamegulungkidul.
Taman anggur ini merupakan salah satu unit usaha BUM Desa Kridha Manunggal Jaya. Sumber foto: website resmi desamegulungkidul.

Kolomdesa.com, PurworejoBadan Usaha Milik Desa (BUM Desa) memiliki banyak peluang untuk berkembang dan maju. Salah satunya melalui sentuhan kreativitas dan potensi desa yang bisa dikembangkan untuk menjadi sumber pendapatan asli desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh BUM Desa Kridha Manunggal Jaya yang terletak di Desa Megulung Kidul, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo. BUM Desa ini mengkolaborasikan bidang usaha pertanian anggur dengan kuliner, hingga saat ini BUM Desa Kridha Manunggal Jaya mampu meraup omzet puluhan juta rupiah setiap bulan dan turut serta menyokong pendapatan asli desa.

BUM Desa Kridha Manunggal Jaya secara resmi berdiri pada tanggal 19 Juli tahun 2020 berdasarkan Peraturan Desa (Perdes) tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Desa Megulung Kidul.

Direktur BUM Desa Kridha Manunggal Jaya Hamzah mengungkapkan salah satu tujuan dari pembentukan BUM Desa Kridha Manunggal Jaya ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan lapangan kerja yang meningkat.

“Pendirian BUM Desa ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan membuka lapangan pekerjaan yang luas,” ujar Hamzah.

Perjalanan BUM Desa Kridha Manunggal Jaya

BUM Desa Kridha Manunggal Jaya terletak di Desa Megulung Kidul Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Jarak dari pusat pemerintah kecamatan yaitu 1,5 km, sedangkan jarak dari pusat pemerintahan kabupaten berjarak 24 km dan jarak 140 km dari ibukota Provinsi Jawa Tengah. Desa Megulung Kidul memiliki luas tanah yaitu 165,65 ha. Keadaan topografi dan tanah di desa ini relatif subur, terletak di dataran rendah dengan ketinggian 16 meter dari permukaan air laut.

Desa Megulung Kidul ini memiliki visi dan semangat tinggi dalam upaya terus memajukan dan mengembangkan potensi desanya. Terletak di daerah dataran tinggi yang sangat subur membuat sebagian besar masyarakat Megulung Kidul bermata pencaharian sebagai petani. Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi dan rumah tangga, warga desa Megulung Kidul mengembangkan sawah dan lahan mereka. Salah satu potensi yang berhasil dikembangkan adalah agrowisata Taman Anggur yang terletak di Dusun Sabin yang dikembangkan menjadi tempat destinasi wisata.

Tidak hanya potensi agrowisata taman anggur, Desa Megulung Kidul juga terdapat wirausaha properti yang cukup besar yaitu industri meubelair yang menjadi potensi baru yang dikembangkan. Selain itu, terdapat usaha lain yang termasuk industri rumah tangga yaitu industri pembuatan lanting ubi kayu, pembuatan tempe, dan gula merah.

Kepala Desa (Kades) Megulung Kidul, Malik Khairul Anam mengatakan pemerintah desa sudah menyiapkan tempat seluas 3.500 meter persegi untuk dikelola dan dikembangkan oleh BUM Desa Kridha Manunggal Jaya. Berdasarkan harapan Kades tersebut, BUM Desa membangun café, gazebo dan taman anggur.

“Kami ingin membuat daya tarik wisata yang kami sesuaikan dengan tren masa kini. Apalagi saat ini tren anak muda suka berswafoto dan menikmati susana yang jauh dari bisingnya kota,” ungkap Malik.

Beberapa jenis anggur diantaranya anggur Ninel, Angelica, Trans, Baikonnur, Dubovsky Pink, Haroll, GosV, Akademik, dan Nizina. Anggur-anggur tersebut adalah varietas dari luar negeri yang dibudidaya di Desa Megulung Kidul untuk menambah daya tarik wisata kafe anggur. Selain itu juga BUM Desa Kridha Manunggal Jaya melakukan pelatihan kepada masyarakat, bentuk pelatihannya di bidang pertanian dan perikanan.

Rintisan Desa Wisata

Desa Megulung Kidul telah ditetapkan sebagai rintisan desa wisata oleh Bupati Purworejo pada November tahun 2022. Kepala Desa Megulung Kidul Malik mengatakan BUM Desa Kridha Manunggal Jaya semakin hari semakin meningkat, sehingga pemerintah desa optimis menjadikan Desa Megulung Kidul sebagai lokasi agrowisata dengan keunggulan perkebunan anggurnya.

“Setelah mendapat SK rintisan desa wisata kami berharap dapat menjadi desa wisata dan menjadi daya tarik bagi wisatawan. Sehingga nantinya tercipta keramaian dan ekonomi akan meningkat,” kata Malik.

Dikutip dari koranpurworejo.com, salah satu warga desa bernama Sabar pernah mendapatkan penghargaan Upakarti dari era presiden Soeharto dalam bidang seni ukir.  Di pusat seni ukir, Sabar ini juga menjadi tempat edukasi dan workshop seni ukir bagi para pengunjung di Desa Megulung Kidul.

“Kami sedang siapkan tempat pentas kesenian yang dikelilingi bangunan gazebo. Juga segera akan kami buat tempat untuk memajang produk UMKM warga,” ujar Malik.

Diketahui bahwa Desa Megulung Kidul memiliki banyak potensi kesenian masyarakat desanya. Seperti Grup Jaran Kepang Catur Budaya, Rebana Jawa Jam Janeng, ada juga Seni Gejlog Lesung. Tak hanya itu, di desa juga disediakan fasilitas kereta wisata dan pemandu wisata.

Juara III Desa Brilian

Berkat usaha yang dibangun di atas tanah kas desa, Desa Megulung Kidul berhasil menyabet juara tiga tingkat nasional dalam program Desa Brilian yang bertajuk Nugraha Karya Desa Brilian Tahun 2022.

Diketahui Desa Brilian adalah program pengembangan desa melalui implementasi praktek kepemimpinan dan kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDG’s).

Dengan menjadi Desa Brilian, Desa Megulung Kidul mendapat banyak keuntungan dari BRI, di antaranya kemudahan akses produk-produk keuangan BRI untuk para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), pendanaan Rp50 juta, serta bantuan dana dari program corporate social responsibility (CSR) BRI senilai Rp1 miliar.

Tak hanya itu, BRI juga menetapkan Desa Megulung Kidul sebagai rintisan desa wisata. Bahkan status Desa Megulung Kidul di Indeks Desa Membangun di Kementerian Desa juga naik dari desa berkembang menjadi desa maju.

Modal BUM Desa Kridha Manunggal Jaya

Penyertaan modal awal BUM Desa Kridha Manunggal Jaya dari berasal dari dana desa (DD) sebesar Rp 100 juta. Pencairan dana tersebut dilakukan secara bertahap yakni sebesar Rp 50 juta setiap tahapnya.

Peningkatan Lapangan Pekerjaan yang Tersedia

BUM Desa Kridha Manunggal Jaya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui unit usaha yang dikembangkannya. Untuk saat ini karyawan yang bekerja di BUM Desa Kridha Manunggal Jaya melalui unit usahanya sebanyak 10 orang asli warga Desa Megulung Kidul. Seiring berjalannya waktu, nantinya BUM Desa akan menambah jumlah karyawan BUM Desa Kridha Manunggal Jaya untuk diberdayakan dibeberapa wahana baru.

Pendapatan BUM Desa Kridha Manunggal Jaya

Pendapatan BUM Desa Kridha Manunggal Jaya sebesar Rp 50 sampai 65 juta setiap bulannya. Dengan bertambahnya bulan dan tahun, BUM Desa ini mengalami perkembangan, bahkan sudah maju. Pada tahun 2022 sudah menyetorkan pendapatan asli desa sebesar 24 juta rupiah.

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya