Pemdes Pulorejo Bangun Saluran Irigasi Penuhi Kebutuhan Petani

Kepala Desa Pulorejo Deny Sparingga memantau proses pembangunan dan rehab saluran irigasi di Dusun Cumpleng. Sumber: Dwi Aris S/Radar Jombang
Kepala Desa Pulorejo Deny Sparingga memantau proses pembangunan dan rehab saluran irigasi di Dusun Cumpleng. Sumber: Dwi Aris S/Radar Jombang

Kolomdesa.com, Jombang – Pemerintah Desa Pulorejo, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang saat ini sedang fokus membangun infrastruktur khususnya pembangunan dan pememeliharaan saluran irigasi untuk kebutuhan petani. Pembangunan dan pemeliharaan saluran irigasi di Dusun Cumpleng ini bersumber dari Dana Desa (DD).

“Sebagian besar wilayah Desa Pulorejo merupakan lahan persawahan aktif yang masih produktif,” ucap Kepala Desa Pulorejo, Deny Sparingga, Jum’at (14/6/2024).

Ia menjelaskan Desa Pulorejo memiliki enam dusun meliputi Dusun Kendilwesi, Cumpleng, Karangasem, Sarirejo, Jatirejo dan Dusun Pulorejo. Seluruh pekerjaan dilaksanakan secara swakelola olah Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Pulorejo.

“Dengan asumsi pengerjaan selama dua minggu,” jelasnya.

Pembangunan infrastruktur penunjang sektor pertanian ini sangat erat kaitannya dengan program ketahanan pangan secara berkelanjutan. Saluran irigasi ini memang memiliki peran vital bagi para petani di Pulorejo dan sekitarnya, terutama karena wilayah ini kerap dilanda banjir karena kondisi tanggul yang telah rusak.

Tak hanya membangun, Deny menjelaskan bahwa rehabilitasi saluran irigasi yang rusak juga dilakukan dengan saluran irigasi beton. Tujuannya agar bangunan semakin kokoh dan tahan lama.

Dengan adanya saluran air sepanjang 59 meter yang dibangun, diharapkan kebutuhan air para petani dapat terpenuhi dan masalah banjir dapat diatasi. Selain itu Deny juga berharap pembangunan infrastruktur ini dapat sejalan dengan peningkatan perekonomian dan taraf hidup petani.

“Prioritas utama pembangunan di Desa Pulorejo selalu kami koordinasikan dengan seluruh lapisan masyarakat, melalui Musyawarah Desa (Musdes) agar ada titik temu sesuai kebutuhan warga,” pungkas Deny.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *