Program Inseminator Desa Tingkatkan Kualitas Daging Sapi

Ilustrasi daging sapi, Sumber: Istock
Ilustrasi daging sapi, Sumber: Istock

Kolomdesa.com, Sulteng – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura terus berupaya meningkatkan kualitas daging sapi di daerahnya dengan program Inseminator Desa. Hal itu ia ungkapkan, saat mengisi program Gubernur Sulteng Menyapa Kepala Desa di Kelurahan Lolu, Kecamatan Palu Timur, Kabupaten Palu.

“Saya nantinya berencana untuk minta dari desa mengirimkan orangnya untuk ikut program inseminator,” kata Rusdy Mastura, Selasa (11/6/2024).

Ia menjelaskan, pihaknya berkeinginan mengembangkan 4 jenis sapi unggulan. Yang mana, sapi-sapi tersebut nantinya dagingnya bisa menyuplai kebutuhan daging di IKN.

“Ada 4 jenis sapi yang kita kembangkan, bibitnya sudah ada bibit beku, jadi selanjutnya bagaimana kita bisa mengeloh itu sehingga kita dapat sapi limosin, sapi wagyu, dan sapi benggala. Kedepan kita bisa memenuhi kebutuhan daging sapi yang berkualitas untuk kebutuhan IKN,” ucapnya.

Ia berharap, dengan adanya inseminator di tiap desa ini, nantinya dapat menghasilkan bibit sapi unggul yang berkualitas.

“Makanya kita harus mulai dari sekarang, kita minta kemarin sediakan dulu di awal 50 inseminator, dengan harapannya nanti setiap desa punya tenaga inseminator, baru kita berikan bibit, sehingga beberapa tahun kedepan kita punya sapi sendiri yang berkualitas,” tutupnya.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *