Desa Jembayan Tengah Kembali Gelar Festival Kampong Seraong

Festival Kampong Seraong 2024 di Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.
Festival Kampong Seraong 2024 di Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Sumber : Pemdes Jembayan Tengah.

Kolomdesa.com, Kutai Kartanegara – Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur kembali menggelar Festival Kampong Seraong 2024. Festival yang dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 5 – 9 Juni 2024 itu berlangsung di halaman kantor desa setempat.

“Event ini diramaikan dengan sejumlah penampilan dan perlombaan. Mulai dari kesenian tradisional, olahraga tradisional seperti ketapel, enggrang, dan begasing, hingga acara tabligh akbar,” kata Kepala Desa Jembayan Tengah, Masnur, Senin (10/06/2024).

Masnur juga melibatkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal untuk menjajakan produknya. Hal itu bertujuan untuk membantu dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Festival Kampong Seraong ini kita jadwalkan menjadi agenda tahunan. Ini menjadi salah satu agenda yang dapat mempromosikan Desa Jembayan Tengah,” terangnya.

Masnur menjelaskan pelaksanaan event ini didukung oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Pariwisata dan juga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Tak hanya pemerintah, dunia usaha di sekitar Desa Jembayan Tengah turut membantu menyukseskan festival tahun 2024 ini.

“Harapannya ke depan kegiatan tersebut terus berlanjut karena meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara secara penuh mendukung kegiatan Festival Kampong Seraong yang diselenggarakan Desa Jembayan Tengah, Kecamatan Loa Kulu. Dalam rencana pemerintah desa, festival ini akan berlangsung mulai 5 hingga 9 Juni 2024.

“Festival tahunan ini akan diadakan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Jembayan Tengah ke-18,” ujarnya.

Masnur berharap melalui acara ini dapat menarik banyak pengunjung dan menjadi ajang untuk mempromosikan budaya serta potensi lokal desa. Selain itu, festival ini direncanakan akan menampilkan berbagai pertunjukan seni, pameran produk lokal, lomba-lomba tradisional, dan kuliner khas daerah.

Selanjutnya, Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Dispar Kukar, Antoni Kusbiantoro menjelaskan Dispar Kukar akan memberikan dukungan penuh untuk acara tersebut. Kegiatan tahunan desa tersebut juga bagian dari program Kukar Kaya Festival.

“Festival ini dilaksanakan bertepatan dengan HUT Desa Jembayan Tengah,” ucap Antoni.

Antoni juga menjelaskan festival ini akan menampilkan berbagai acara menarik seperti pentas kesenian, pawai, perlombaan, bazar, Zumba, doorprize, serta pertunjukan Seni Adat Seraung dan Seni Adat Topeng Pantul. Selain itu, akan ada workshop pembuatan seraong, lomba gasing, dan lomba azan untuk anak-anak.

“Dispar Kukar akan memberikan dukungan berupa perlengkapan, panggung, dan pertunjukan kesenian. Namun, ini masih dalam proses persiapan. Kegiatan ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk perhatian dan dukungan kami,” tutupnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *