Partisipasi Warga dalam Pemilu Penentu Masa Depan Desa

KPU Kabupaten Gorontalo, Sumber: Sumber Resmi KPU Gorontalo
KPU Kabupaten Gorontalo, Sumber: Sumber Resmi KPU Gorontalo

Kolomdesa.com, Gorontalo – Pemahaman pemilihan umum (pemilu) sangatlah penting untuk diketahui dan diikuti oleh semua elemen warga di desa.

Partisipasi warga desa dalam pemilu merupakan kunci dalam menentukan kualitas pembangunan desa berkemajuan di masa depan.

“Pemilu adalah momen di mana setiap warga negara dipandang sama, tanpa memandang status sosial mereka,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gorontalo, Roy Harmain, Kamis (6/6/2024).

Dalam hal ini, pihaknya menggelar sosialisasi tatap muka yang dipusatkan di Desa Mohiyolo, Kecamatan Asparaga, Kabupaten Gorontalo.

Ia menjelaskan, gelaran ini bertujuan untuk memastikan bahwa informasi terkait tahapan penyeleggaraan pilkada bisa terinformasikan sampai kepolosok desa.

“Siapapun dia, ketika tiba di TPS, memiliki hak yang sama. Mereka tetap mendapat surat suara yang sama, meskipun dia presiden, gubernur, ataupun bupati. Warna dan surat suara sama,” terangnya.

Ia juga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh warga yang turut berpartisipasi dalam kegiatan sosialisasi ini. Harapannya, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat dalam pemilu mendatang.

Lebih lanjut, langkah ini diambil untuk menunjukkan komitmen yang kuat untuk merangkuk semua lapisan masyarakat dalam proses demokrasi. Sehingga, pasrtisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 akan meningkat, dan pelosok desa tidak lagi merasa dipinggirkan.

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *