Pemdes Semangko Benahi Infrastruktur dan Pariwisata

Kepala Desa Semangko, Ansar K
Kepala Desa Semangko, Ansar K. Sumber: Desa Semangko.id

Kolomdesa.com, Kutai Kartanegara – Infrastruktur dasar dan sektor pariwisata tengah dilakukan pembenahan oleh Pemerintah Desa Semangko, Kecamatan Marang Kayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Langkah ini bertujuan untuk peningkatan infrastruktur yang akan terfokus ke pembangunan jalan untuk tingkatkan transportasi warga.

“Peningkatan jalan tersebut tidak lebih dari satu kilometer untuk keseluruhan desa,” ucap Kepala Desa (Kades) Semangko, Ansar K, Rabu (05/06/2024).

Ansar mengatakan ada 7 titik jalan yang sangat tidak memadai di wilayahnya. Beberapa spot kerusakan mencapai lima meter, dengan titik terpanjang sekitar 100 meter berada di RT 5.

“Kalau dihitung semua jalan rusak sekitar 400 meter,” katanya.

Pihaknya juga berencana membangun jembatan yang bertujuan menghubungkan antar sungai kecil di desa. Dengan harapan pembangunan jembatan tersebut dapat memudahakan akses bagi warga, terutama di area pertanian dan pemukiman.

Selain itu di sektor pariwisata, Pemdes Semangko tidak ketinggalan mengambil langkah signifikan dengan mengembangkan destinasi wilayah pesisir pantai. Mereka bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) untuk mengembangkan Pantai Semangko.

“Namun untuk saat ini kita terus melakukan pembenahan mengenai pengembangan pantai dengan nama Pantai Semangko, meskipun di Google Maps terdaftar dengan nama Pantai Lukman, dan pengelolaannya masih bersifat pribadi,” terangnya.

Ansar juga mengungkapkan untuk pengembangan lebih lanjut, pihaknya berencana melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar. Mereka juga menginisiasi agro wisata dengan memanfaatkan lahan pertanian seluas 1000 hektar (H).

“Agro wisata juga kita akan lakukan dorongan untuk dapat memanfaatkan lahan pertanian yang 1000 Hektar,” ujarnya.

Ia berharap dengan berbagai upaya ini Desa Semangko dapat terus mengembangkan infrastruktur dan sektor pariwisata yang potensial, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan.

“Sektor pariwisata akan terus kita kembangkan dengan berbagai upaya yang nyata,” tutupnya.

Penulis : Devi arp
Editor : Habib Az

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *