Negeri Rutong, Salah Satu Desa Terbaik Berbasis Digital

Keceriaan wisatawan yang berkunjung di Negeri Rutong, Sumber: Dok. Fanspage Negeri Rutong
Keceriaan wisatawan yang berkunjung di Negeri Rutong, Sumber: Dok. Fanspage Negeri Rutong

Kolomdesa.com, Ambon – Program Desa BRIlian tahun 2024 telah menetapkan desa-desa terbaik tingkat nasional. Salah satunya adalah Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon, Provinsi Maluku yang ditetapkan menjadi salah satu dari 15 desa terbaik.

Hal tersebut disampaikan oleh Raja Negeri Rutong, Reza Valdoa Maspaitella. Ia juga mengatakan, sebagai bentuk pengembangan desa pintar pertama di Maluku, Negeri Rutong sejak 2021 telah menerapkan digitalisasi melalui Rutong.id.

“Negeri Rutong ditetapkan sebagai salah satu dari 15 desa terbaik tingkat nasional yang akan mendapatkan pendampingan dan pembiayaan bagi pengembangan UMKM, melalui program Desa BRIlian tahun 2024,” katanya, Selasa (4/6/2024).

Reza menjelaskan, Platform digital milik Negeri Rutong mengutamakan adat budaya dalam memajukan perekonomian masyarakat negeri yang berbasis digital. Salah satunya adalah solusi pinjaman dana bagi pelaku UMKM dan pemanfaatan standarisasi pembayaran bagi wisatawan yang berkunjung.

“Proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanan, khususnya para turis yang datang tidak membawa uang tunai, dengan kemudahan QRIS maka transaksi menjadi lebih mudah, sebagai bagian daripada strategi desa digital,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Reza penerapan digitalisasi maka BRI melihat potensi negeri Rutong sebagai negeri digital. Di mana Bank Indonesia juga telah menetapkan sebagai percontohan untuk pembayaran digital melalui QRIS.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pimpinan kota Ambon serta tim pendamping desa, yang selama ini telah bekerja keras membina desa dan negeri negeri di kota Ambon,” ujarnya.

Sebagai informasi, Program Desa BRIlian menyeleksi sebanyak 400 desa menjadi 40 desa. Negeri Rutong masuk dalam nominasi program pemberdayaan masyarakat, setelah diseleksi dari dan terpilih dalam 15 desa terbaik di Indonesia.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *