Mobil Internet Perkuat Layanan Masyarakat Kampung di Biak

Mobil Internet Keliling, Sumber Foto: Istimewa
Mobil Internet Keliling, Sumber Foto: Istimewa

Kolomdesa.com, Biak Numfor – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Biak Numfor, Papua terus memberikan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya berupa pelayanan internet mobil Very Small Aperture Terminal (Mobile VSAT) yang disiagakan di berbagai kampung dan distrik.

Dan di tahun anggaran 2024 Pemkab Biak Numfor mendapat bantuan empat peralatan VSAT dari Diskominfo Papua untuk meningkatkan akses layanan internet melalui satelit.

“Dengan fasilitas mobile VSAT Diskominfo Biak Numfor akan lebih menjangkau layanan internet hingga pelosok kampung dan distrik,” kata Kepala Diskominfo Biak Numfor George Kbarek MT di Biak, Minggu (2/6/2024).

Ia menjelaskan, mobil VSAT merupakan suatu perangkat penerima/pengirim sinyal satelit atau yang juga dikenal dengan nama stasiun bumi terintegrasi trailer. Dengan begitu akan dapat dengan mudah dipindah tempat sesuai dengan kebutuhan.

George juga menuturkan jika mobil VSAT Internet merupakan salah satu bentuk inovasi dalam teknologi internet di kampung dan distrik terpencil. Kehadiran mobil VSAT warga lakan ebih mudah dan praktis karena menggunakan sistem antena VSAT bergerak.

lebih lanjut Ia mengakui jika mobil VSAT sangat cocok digunakan untuk layanan instansi pemerintah daerah (pemda) yang berpindah-pindah tempat. Antara lain, ATM Berjalan, perpustakaan keliling, perekaman KTP elektronik, penelitian, dan kegiatan pemerintahan lainnya.

“Kehadiran mobil VSAT sangat menunjang kegiatan pemerintahan dalam menjawab kebutuhan sarana komunikasi internet,” pungkasnya.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *