Pemdes Tukum Terpilih Sebagai Pilot Project PPID

Pemdes Tukum, Kecamatan Tekung, Lumajang terpilih menjadi pilot project untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di desa. Foto: Kominfo Lumajang.
Pemdes Tukum, Kecamatan Tekung, Lumajang terpilih menjadi pilot project untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di desa. Foto: Kominfo Lumajang.

Kolomdesa.com, Lumajang – Pemerintah Desa Tukum, Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang mendapat kehormatan terpilih sebagai salah satu dari 25 desa yang menjadi pilot project untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di desa. Inisiatif tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas inventarisasi informasi dan dokumentasi di tingkat desa.

“Inventarisasi informasi dan dokumentasi bisa lebih rapi dan lengkap, yang pada akhirnya akan memudahkan kami dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat,” kata Kepala Desa Tukum yang akrab disapa Cak Santo, Rabu (29/5/2024).

Menurut Cak Santo, status itu akan menyebabkan Desa Tukum memudahkan akses data dan informasi kepada masyarakat. Dengan informasi yang tersedia dan terorganisir dengan baik, masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan penjelasan dan pencerahan mengenai berbagai program, kebijakan, dan layanan yang ada di desa.

“Dokumen informasi yang dikelola dengan baik dapat membantu mencerahkan masyarakat yang membutuhkan data dan informasi. Ini sangat penting untuk transparansi dan akuntabilitas pemerintahan desa,” terang Cak Santo.

Ia menilai hal tersebut juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong keterbukaan informasi publik. Selain itu, juga memperkuat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan informasi kepada masyarakat. Dengan dukungan dari semua pihak, kami optimis Desa Tukum akan menjadi desa yang lebih maju dan transparan,” pungkasnya.

Dengan terpilihnya Desa Tukum sebagai pilot project PPID Desa, Cak Santo berharap desa ini dapat menunjukkan hasil yang positif dan dapat menginspirasi desa-desa lainya. Tidak hanya meningkatkan kualitas pengelolaan informasi dan dokumentasi, tetapi juga memperkuat fondasi demokrasi di tingkat lokal.

Penulis : Moh. Mu’alim
Editor : Habib

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *