Site icon Kolom Desa

Rumah Lansia Tak Layak Huni, Kades Pulo Minta Bantuan Pemerintah

Kepala Desa Pulo Rungkom di rumah Aisyah penerima bantuan program Rumah Sejahtera Terpadu (TST). Sumber foto: kompas.com

Kepala Desa Pulo Rungkom di rumah Aisyah penerima bantuan program Rumah Sejahtera Terpadu (TST). Sumber foto: kompas.com

Kolomdesa.com, Aceh-Kepala Desa Pulo Rungkom, Kecamatan Dewantara, meminta pemerintah pusat khususnya Kementerian Sosial (Kemensos) memperbanyak bantuan rumah tak layak huni. Permintaan itu disampaikan usai mengikuti prosesi penyerahan bantuan rumah dari kemensos kepada salah satu warga lansia.

“Kami senang sekali mendapatkan dari kemensos satu buah rumah untuk ibu aisyah ini,” Ujar Adami selaku kepala desa, Senin (27/5/2024).

Ia menyampaikan bahwa rumah Aisyah dipilih melalui asesmen yang dilakukan Kemensos. Salah satunya melalui pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di Desa Pulo Rungkom.

Sekretaris Kecamatan Dewantara, Muhammad Nurkhazi membenarkan bahwa masih banyak Lansia yang tidak punya tempat tinggal layak di daerah itu.

“Yang kondisi rumahnya seperti ini lumayan banyak karena kita ada data di Bappeda yang masuk ke kemiskinan ekstrim,” kata Nurkhozi.

Dalam kesempatan yang sama, ia menambahkan permasalahan tersebut tak akan sanggup diselesaikan pemerintah jika hanya mengandalkan anggaran daerah.

“Kemensos juga membangun kembali rumah Lansia yang tidak layak huni melalui program Rumah Sejahtera Terpadu (RST),” ungkap Mensos Tri Rismaharini, Ahad 26/5/2024.

Selain itu, ia mengungkapkan bantuan rumah untuk Lansia merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2024 dari Kemensos. Sejumlah kegiatan untuk HLUN telah dilakukan Kemensos sejak awal Mei 2024.

Penulis: Wafi
Editor: Danu

Exit mobile version