Site icon Kolom Desa

Perpustakaan Kampung Yoka Perkuat Literasi Warga Desa

Balai Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Sumber Foto: Dok. Paraparatv

Balai Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura, Sumber Foto: Dok. Paraparatv

Kolomdesa.com, Jayapura Keberadaan Perpustakan Kampung Yoka, Distrik Heram, Kota Jayapura sukses menjadi pusat literasi bagi warga desa setempat. Manfaat perpustakaan ini salah satunya telah membantu warga dalam pendaftaran CPNS dan informasi mendaftar di berbagai universitas.

“Kami sudah berjalan, dan ini cukup membantu masyarakat di kampung sini,selain pusat membaca juga sebagai pusat informasi, apa lagi yang berhubungan dengan komputer,” kata Neil Olua salah satu penggagas Perpustakaan Kampung Yoka, Senin (27/5/2024).

Ia menjelaskan jika pembuatan Perpustakaan Kampung ini sudah berjalan hampir dua tahun. Namun pihaknya menyadari jika masih terkendala fasilitas seperti komputer, koleksi buku dan ruangan yang akan di gunakan untuk operasional.

”Kami kendala di fasilitas, tapi tetap kami berjalan meski dengan kekurangan,” jelasnya.

Sementara itu, Yunita Iriani Konsultan Perpustakaan Nasional Wilayah Papua mengapresiasi apa yang di lakukan oleh pemudah Kampung Yoka. Dengan keterbatasan itu, pihaknya akan mencoba konsep Perpustakaan Kampung berbasis digital.

“Kita mau mengubah konsep perpustakaan sehingga perpustakaan menjadi tempat ternyaman bagi masyarakat,” katanya.

Karena menurutntya, perpustakaan bukan hanya menjadi tempat membaca dan meminjam buku. Ia berharap kehadiran perpustakaan kampung mampu meningkatkan literasi masyarakat tidak saja di bidang pendidikan, tetapi juga bidang sosial.

Penulis: Wahyu
Editor: Danu

Exit mobile version